oleh

Mengintip Sistem Pendidikan Dasar dari Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia 

Penulis: Naruni Enggar Prasanti, S.Pd (Guru Kelas SD Islam Pamotan Rembang)

REMBANG, Rodainformasi.com -Mengintip Sistem Pendidikan Dasar dari Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

lembaga penelitian The Social Progress Imperative merilis hasil penelitian tentang tingkat pendidikan dasar di seluruh dunia. Hasilaya adalah Korea Selatan, kini menduduki peringkat satu sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, disusul oleh Jepang. Sigapura, Hongkong, dan Pinlandia. Dikutip dari refoendation ecole.net saat ini Korea Selatan berhasil “menempati peringkat ll dalam Program Penilaian Siswa internasional (Program for International Student Assessment) atau PISA. Rata-rata siswa menempati ranking tertinggi pada tes komparatif Internasional. Dengan menerapkan jam pelajaran yang relatif lebih lama, ternyata di korea selatan juga menerapkan prinsip pendidikan “Manusia akan mati, apabila tidak memiliki pendidikan yang baik”. Jadi sejak dini siswa disana dididik untuk menjadi pribadi yang tenang belajar dan memilki ilmu pengetahuan tinggi demi masa depan mereka kelak.

Ada beberapa faktor yang menjadikan Korea Selatan kini menjadi rujukan sistem pendidikan bagi negara-negara di dunia termasuk Indonesia diantaranya: 1) Waktu belajar hingga 16 jam/hari di sekolah dimulai dari pagi hari hingga malam hari dengan kewajiban membaca bagi tiap siswa selama hari Sanin hingga hari Sabtu. Setelah Itu mereka diwajibkan ntuk mengikuti bimbingan belajar. 2) Ada lima mata pelajaran utama yaitu Metematika, Sains, Bahasa Korea, Studi Sosial dan Bahasa Inggris. Kelima mata pelajaran tersebut berhubungan erat dengan ranah akademisi dunia, jadi tidak heran jika siswa disana pandai dalam ranah pengetahuan alam dan sosial: 3) Memiliki akses internet super cepat yakni 10 Gbps yang artinya. Untuk membuka sebuah laman daring yang banyak fitur disana hanya butuh hitungan kurang dari 5 detik: 4) Guru sangat dihormati dan dianggap layaknya orang suci karena jasanya memberikan berbagai macam ilmu pengetahuan: 5) Fasilitas pendidikan lengkap pada setiap kelasnya seperti layar proyektor komputer dan jaringan internet.

Baca Juga  Ketua DPD RI LaNyalla Imbau Sekolah Tatap Muka Dilakukan Bertahap

Belajar dari Korea Selatan, bukan tidak mungkin jika Indonesia pun bisa menduduki peringkat Teratas jajaran negara negara dangan sistem pendidikan terbaik. Meskipun hal itu masih menjadi PR besar utuk diwujudkan karena banyaknya permasalahan dilanpangan, Potret pendidikan kita memperilihatkan bahwa banyak siswa sekolah dasar yang belun bisa membaca, menulis dan berhitung. Selain itu budaya membaca pun masih rendah meskipun ada beberapa sekolah dasar yang sudah memiliki perpustakaan tetapi hanya beberapa anak saja yang mau memanfaatkan fasilitas tersebut. Anak anak jaman sekarang lebih suka membuka piranti androidnya untuk sekadar bermain Game daripada membuka laman laman berkaitan dengan pendidikan atau pengetahuan. Hasilnya generasi sekarang jadl kecanduan bermain gadget daripada buku pelajaran,

Jika ingin berbenah maka semua pihak terkait harus saling mendukung. Pemerintah harus mempu membuat kebijikan pendidikan yang memiliki efek nyata dalam meningkatkan mutu pendidikan, bapak/ibu guru di sekolah dasar khususnya sebagai agen ilmu pengetahuan ditingkat Pertama harus selalu meningkatkan kualitas dirinya sesuai dangan tuntutan pendidikan zaman sekarang, orang tua sebagai penanggung jawab utama pendidikan anak hurus ektra keras memenuhi segala macam kebutuhan pendidikan dasar pada anak dan senantiasa mengawasi putra putrinya dalam belajar karena selama pendemi ini segala proses pembelajaran dilakukan melalui daring. Masyarakat dan lembaga pendidikan pun harus turut serta dalam mendukung peningkatkan kualitas pendidikan. Dengan bersatunya semua pihak, Semoga pendidikan di Indonesia akan berubah bebih cerah dari hari ini. (Bledex)

Baca Juga  Kegiatan PTM Terbatas Sudah Dimulai Polisi Lakukan Pengaturan Arus Lalin.

Komentar

Berita Rekomendasi