Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadhan 1444 H, PLN UIP JBTB Laksanakan PLN Mengajar

SURABAYA, RI – PT PLN (Persero) UIP JBTB beserta UPPnya memberikan bantuan sarana pendidikan dan turun langsung mengajar Panti Asuhan Muhammadiyah Gresik dalam Program PLN Mengajar_

Sebagai Upaya mendorong peningkatan kualitas pendidikan, PLN lewat program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menyerahkan bantuan sarana pendidikan berupa perangkat laptop dan Printer kepada Yayasan Panti Asuhan Muhammadiyah Gresik, Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis dilokasi PLN UIP JBTB pada Rabu, tanggal 12 April 2023.

Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PLN UIP JBTB (Program TJSL) adalah komitmen PT PLN terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat, kali ini menyasar Program Pendidikan dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, terukur dampaknya serta dapat dipertanggungjawabkan dan merupakan bagian dari pendekatan bisnis perusahaan, berorientasi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) serta berpedoman kepada ISO 26000 sehingga pelaksanaan Program TJSL yang lebih terukur, berdampak dan berkelanjutan.

Menurut Ketua Yayasan Panti Asuhan Muhammadiyah, Kasmuhin, saat ini Keperluan digitalisasi berbasis komputer adalah mata pelajaran wajib yang saat ini belum tersedia di panti asuhan. Diakuinya, bantuan perangkat laptop dan printer dari PLN sangat bermanfaat dan memberikan pengaruh bagi para siswa dan pihak Panti dalam memberikan pendidikan yang berkualitas.

“Sebelum adanya bantuan dari PLN, selama ini kami terpaksa menyewa perangkat komputer dari pihak ketiga, itupun jumlahnya terbatas, sehingga para anak panti terpaksa harus bergiliran saat menggunakan komputer,”

Baca Juga  Promo Ramadhan Berkah, PLN Beri Diskon Tambah Daya Rumah Ibadah Hanya 150 Ribu

Ia berharap, upaya PLN dalam membantu peningkatan kualitas pendidikan lewat bantuan sarana pendidikan seperti ini dapat diikuti oleh instansi lainnya sehingga kebutuhan mendasar terkait pendidikan bagi para siswa dapat terpenuhi.

Senada, Kasmudin, Ketua Yayasan Panti Asuhan Muhammadiyah mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan PLN atas bantuan yang telah diberikan.

“Atas nama Panti Asuhan Muhammadiyah, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PLN. Semoga bantuan yang sangat bermanfaat ini dapat menjadi ladang amal bagi seluruh karyawan PLN, karena mampu mencetak generasi yang berkualitas, berkarakter, dan berakhlak mulia,” kata Kasmudin.

Bulan Ramadan menjadi bulan berbagi yang penuh berkah. Hal ini juga yang dilakukan PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (PLN UIP JBTB) dalam memaknai Ramadan setiap tahunnya. Tahun ini, kembali PLN UIP JBTB bersama dengan PLN Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Timur dan Bali 2 (PLN UPP JBTB 2) memberikan bantuan, yang kali ini dalam ranah pendidikan yaitu melalui Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL). (12/04)

Bantuan pendidikan yang diberikan PLN kali ini meliputi alat belajar seperti beberapa laptop beserta seluruh kelengkapannya. Tidak hanya itu dalam bantuan kali ini, PLN juga mengadakan PLN Mengajar. Dalam program ini, pegawai PLN langsung turun mengajarkan mengenai kelistrikan dasar seperti kesehatan, keamanan, dan keselamatan kerja (K3) serta memberikan pengajaran terkait aplikasi komputer seperti penggunaan power point dan lainnya.

Baca Juga  Dirut PLN: PLN Mobile One Stop Solution Jawab Kebutuhan Kelistrikan Selama Idul Fitri 1444 H

PLN optimis melalui pemberian fasilitas penunjang pendidikan serta PLN mengajar akan mampu meningkatkan kemampuan para anak-anak panti dan akan berguna dalam pengerjaan tugas-tugas sekolah serta dalam kegiatan-kegiatan belajar lainnya.

General Manager PLN UIP JBTB, Anang Yahmadi menuturkan Program ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia di Bulan Ramadan ini. PLN berharap dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat terutama di bidang pendidikan.

“Hadir di tengah saudara-saudara yang membutuhkan dalam kesempatan seperti ini merupakan sebuah kebahagiaan bagi kami, apalagi di tengah Bulan Ramadan seperti saat ini. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan kebahagiaan bagi Panti Asuhan Muhammadiyah. Kebahagiaan mereka tentu saja menjadi kekuatan bagi kami untuk terus menerangi negeri kita tercinta, Indonesia,” tutur Anang.

Ditemui dalam kegiatan PLN mengajar, Manager PLN UPP JBTB 2, David Eko Prasetyo mengungkapkan dirinya dan seluruh pegawai PLN yang terlibat sangat antusias dalam program ini. Dan yakin kegiatan ini akan meningkatkan kepedulian terhadap sesama serta akan memberikan nikmat tersendiri.

“PLN yakin bahwa Kegiatan TJSL yang diwujudkan dengan bantuan pendidikan berdampak positif bagi seluruh pihak, baik pihak penerima dan pihak pemberi. Bahkan dengan berbagi, insan PLN akan merasakan nikmat dari berbagi dengan sesama dan sesama yang membutuhkanpun akan dapat meningkat taraf kehidupannya.”, ungkapnya. (soem)

Komentar