Bojonegoro Raih Penghargaann KI Award 2023, Ciptakan Good Governance

Bojonegoro, rodainformasi.com – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meraih penghargaan Keterbukaan Informasi Publik “KI Award” tahun 2023 untuk kategori Menuju Informatif Kabupaten Kota. Penyerahan penghargaan dilakukan pada acara Malam Anugerah KIP tingkat Provinsi Jawa Timur, Senin (4/12/2023) di Grand Swiss-Bell Hotel Darmo, Surabaya.

Penyerahan penghargaan langsung diberikan oleh Ketua Komisi Informasi Jawa Timur Edi Purwanto kepada Kepala Dinas Kominfo Bojonegoro Siswoyo yang mewakili Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto. Penyerahan penghargaan ini menjadi bukti bahwa Kabupaten Bojonegoro telah menciptakan good governance yang baik dan transparan.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat membuka acara menyebutkan, hari ini masyarakat menyaksikan KI Award 2023. Ibu Gubernur Khofifah Indar Parawansa menitipkan pesan, bahwa kegiatan ini sangat penting dan sangat berharga.

Apresiasi keterbukaan badan publik ini bagian proses demokrasi dan tata kelola baik yang harus didukung dan diperjuangkan bersama. Ini terintegrasi dalam upaya transformasi digital, SPBE, dan penekanan layanan barang dan jasa. Ini menciptakan Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Baca Juga  Jum'at Berkah, Pj Bupati Adriyanto Bersama Istri Kenalkan Kuliner Khas Desa

“Ini mendorong tata kelola yang amanat. Jika tidak ada KIP sulit untuk mendapatkan trust. Sebab, di era kecepatan informasi, ada banyak tersedia kanal informasi. Kami berharap, KIP bukan sekedar kepatuhan, kewajiban, maupun tugas. Tapi jika menjadi strategi, dapat menyukseskan program dan akan menjadi motivasi. KIP menjadi keunggulan, strategi pembangunan,” pungkasnya.

Keberadaan KI Award, lanjutnya ialah momen saling belajar antar badan publik. Partisipasi, development, persyaratan KI yang membuat masyarakat terlibat.

Baca Juga  Bupati Bojonegoro Ajak Perangkat Desa Ikuti Program Beasiswa RPL Jenjang S2

“Kami komitmen mengapresiasi. KIP di Jawa Timur cukup informatif di 2020, di 2021 menuju informatif, dan 2022 informatif. Semoga di Jatim akan menjadikan KI bukan hanya kepatuhan tapi juga sebagai strategi pembagunan kompetitif di Jatim,” katanya.

Ketua Komisi Informasi Pusat diwakili Kabid Penyelesaian Sengketa Informasi Komisi Informasi Pusat A. Nur Aminuddin, mengatakan KI Pusat memberikan apresiasi luar biasa pada Jawa Timur. Bersama mengawal Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Mengamanahkan menjamin hak dalam memperoleh informasi publik dan mendorong partisipasi publik. Tujuan akhirnya, menciptakan good government yang baik dan transparan.

Baca Juga  Tingkatkan Produktivitas, Pemkab Bojonegoro Salurkan Bantuan Pupuk Subsidi dan Benih Padi

Salah satu kebijakan KIP Pusat dan seluruh Indonesia yaitu melajutkan monitoring dan evaluasi, sosialisasi, dan mendorong komitmen pimpinan badan publik terkait KIP.

“Saya ucapkan selamat utamanya pada KI Jawa Timur yang gerak cepat. Selain itu kepada Bapak/Ibu badan publik, dan Kominfo yang sama-sama bersinergi,” ujarnya.

Masih dalam kesempatan sama, Ketua Komisi Informasi (KI) Jawa Timur Edi Purwanto menjelaskan, malam anugerah ini ialah puncak dari evaluasi yang dilakukan Komisi Informasi. Hasil evaluasi semakin tahun semakin meningkat.

“Jumlah OPD, kabupaten kota serta pemerintah desa yang mengikuti monitoring dan evaluasi meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya,” jelasnya.

Lanjut Edi, malam anugerah ini menjadi spirit awal agar Jawa Timur lebih transparan dan akuntabel.(*)

Komentar