oleh

Bupati Resmikan Lapangan Dan Sport Center Desa Pucangan.

Tuban, Rodainformasi.com – Bupati Tuban,
Aditya Halindra Faridzky, SE., meresmikan Lapangan dan Sport Center di desa Pucangan, Montong Tuban, Jumat (10/09/2021). Peresmian Lapangan desa Pucangan bersamaan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional tahun 2021.

Tidak hanya itu, diselenggarakan Senam Pagi Bersama yang diikuti Kepala Desa, perangkat desa, anggota PKK, dan kader Posyandu se-kecamatan Montong. Tidak ketinggalan, atlet paralayang dan paramotor berunjuk kebolehan dengan pertunjukan udara di atas lapangan desa Pucangan. Menyaksikan pertunjukan yang disuguhkan, warga mengabadikan momen tersebut dengan gawai masing-masing.

Hadir pada kegiatan ini sejumlah pimpinan OPD, Camat dan Forkopimka Montong serta Kepala Desa se-Kecamatan Montong.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan ini menjadi inovasi baru, yang mengombinasikan potensi wisata dan kearifan lokal setempat. Langkah ini menjadi stimulus bagi desa lain untuk mengembangkan potensi wilayah masing-masing. Langkah ini selaras dengan program Pemkab Tuban berupa Satu Desa Satu Unggulan.

Keberadaan Lapangan dan Sport Center, lanjut Bupati, diharapkan mampu memunculkan lapangan kerja baru dan mampu menyerap tenaga kerja dari warga sekitar, serta untuk meningkatkan perekonomian setempat yang berimplikasi terhadap peningkatan kesejahteraan warga.

Baca Juga  Utamakan Tidak Ghibah dan Fitnah Buat Berita Setelah Unsur 5W + 1H

Mas Bupati juga mengatakan Kabupaten Tuban memiliki berbagai potensi wisata yang dapat dikembangkan. Baik berupa wisata alam, edukasi, maupun argro-edu park.

“Salah satunya kebun jeruk di desa Maindu, Montong,” ungkapnya.

Lebih lanjut, pembangunan Kabupaten Tuban dengan mengusung konsep Mbangun Deso, Noto Kutho mengedepankan prinsip kolaboratif.

Ketika pihak desa memiliki inovasi pengembangan wilayahnya, Pemkab Tuban akan memberi dukungan baik berupa pelatihan, sarana prasarana, maupun manajemen pemasaran. Di samping itu, pengurusan perijinan akan dipermudah.

“Dengan catatan pihak pemohon memenuhi standard dan persyaratan yang diberikan,” sambungnya.

Bersamaan dengan peringatan Haornas 2021, Mas Bupati berpesan kepada altet Kabupaten Tuban untuk mengharumkan tanah kelahiran. Pemkab Tuban berkomitmen penuh memaksimalkan potensi atlet. Sejumlah pelatihan, pendidikan, dan perlombaan tengah disusun demi mengoptimalkan prestasi atlet.

Sementara itu, Kepala Desa Pucangan, Santiko mengatakan pembangunan Lapangan dan Sport Center diperkirakan akan menelan biaya kurang lebih 5 milyar yang berasal dari APBDes. Pembangunan akan dilakukan secara bertahap dalam beberapa tahun ke depan.

Baca Juga  Pemkab Bojonegoro Gelar Seminar Nasional Peringati Hari KARTINI

 

“Saat ini hanya lapangan bola yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Kedepannya, akan dilengkapi sarana olahraga lain lengkap penunjangnya,” ujarnya.

Santiko menambahkan selain sebagai wahana olahraga, pembangunan Lapangan dan Sport Center tapi juga untuk mengintegrasi berbagai potensi desa Pucangan. Harapannya, dapat mampu memberi manfaat lebih bagi warga desa.

Sebelumnya, Mas Bupati berkesempatan meninjau kantor Pemerintah Desa Sumurgung dan BUMDes Sumurgung. Mas Bupati juga menyempatkan berdialog dengan Kepala beserta Perangkat Desa Sumurgung membahas mengenai pengembangan desa.( Hums /DM, Kabiro).

Komentar

Berita Rekomendasi