Dalam Rangka Meriahkan HUT ke 78 Republik Indonesia, Ribuan Penonton Tumplek Blek Saksikan Pawai Karnaval Kelurahan Babat.

Lamongan,Rodainformasi.com – Dalam rangka memeriahkan  Hari Kemerdekaan RI yang ke -78 , yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus 2023, Kelurahan Babat, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan Jawa timur mengadakan pawai karnaval, Sabtu( 9/9/2023) Siang.

Dengan antusias masyarakat menyambut dan memeriahkan kegiatan pawai karnaval HUT RI ke 78 ini, sehingga acara karnaval  dapat sukses dan terlaksana.

Kegiatan karnaval ini  adalah ciri khas kelurahan Babat yang  sangat meriah  setelah dua  tahun absen karena adanya wabah Covid – 19, kali ini tampil dan penuh semangat yang diikuti ratusan peserta karnaval mulai dari  pelajar tingkat SD, SMP, SMA dan umum. Ditingkat umum diikuti kalangan  muda mudi,  para orang tua masing masing dari RT, RW wilayah kelurahan Babat.

Sementara dari mobil komando panitia HUT RI ke – 78, kecamatan Babat lewat suara pengeras  memberikan semangat dan motivasi para peserta pawai dalam rangka memperingati Hari  Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78,” Kita sudah merdeka sejak diproklamasikan 17 Agustus 1945, Kita harus mampu menjaga, merawat, melestarikan serta mengisi arti kemerdekaan itu sendiri .

Baca Juga  Dandim Bojonegoro tegaskan, TNI Jaga Netralitas Pada Pemilu

Dengan kostum adat budaya yang dikenakan dari masing masing daerah di Nusantara serta kostum pejuang yang menggambarkan penindasan  kala merebut kemerdekaan  melawan penjajah, juga ada kostum pewayangan  ( Hanoman ) yang dikenakan

Dalam  perjalanan yang ditempuh di terik matahari yang panas, tidak menjadikan peserta karnaval surut bahkan tambah semangat hal ini disampaikan salah satu peserta karnaval dari Sawo Babat, Wito . Adapun star mulai dari titik kumpul Lapangan sepak bola Sawo  rute perjalanan  melalui jalan jalan kampung tembus jalan Gotong royong  telah ditentukan oleh panitia dan kembali ke titik awal. Disepanjang perjalanan peserta karnaval mendapat sambutan meriah dari penonton.

Suasana karnaval sangat meriah didukung  mobil Sound sistem dari masing masing peserta  yang suaranya menggelegar dan penampilan peserta karnaval yang berbeda dan  enak  di tonton mendapatkan apresiasi dari masyarakat dan bahkan merasa puas, hal itu disampaikan salah satu warga dari sekian ratus penonton, ” Iwan .

Apresiasi perlu juga disampaikan kepada petugas baik TNI maupun Polri yang mengatur arus lalulintas, walaupun jalanan menjadi macet namun acara pawai karnaval berjalan lancar  hingga selesainya acara. ( Ir/ Red)

Baca Juga  Realisasi JKM dari BPJS Ketenagakerjaan Anggota KJL yang Meninggal Kepada Ahli waris

Komentar