Disporapar Probolinggo, Gelar Seleksi Paskibraka 2023 Diikuti 180 Siswa SMA

Probolinggo,Rodainformasi.com – Sebanyak 180 orang siswa dan siswi SMA sederajat di Kabupaten Probolinggo mengikuti seleksi awal anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2023 yang digelar oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Probolinggo di Kompleks Diklat Kabupaten Probolinggo, Senin dan Selasa (13-14/3/2023).

Nantinya anggota Paskibraka ini akan bertugas pada upacara peringatan Detik-detik Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Probolinggo pada 17 Agustus 2023 mendatang di Alun-alun Kota Kraksaan.

Kepala Disporapar Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto melalui Kepala Bidang Kepemudaan Yuliati mengatakan dari seluruh peserta sebanyak 180 orang ini mengikuti seleksi tahap awal berupa pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan. Hasilnya, 142 orang lolos ke seleksi tahap kedua. “Untuk lak-laki tingginya berkisar antara 175-180 cm dan perempuan berkisar antara 165-175 cm dengan berat badan seimbang dengan tingginya,” katanya.

Selanjutnya jelas Yuli, 142 orang ini mengikuti seleksi tahap kedua berupa tes fisik berupa lari selama 12 menit serta dilanjutkan dengan push up dan penguasaan gerakan Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Baca Juga  Penetapan KUA PPAS APBD Bojonegoro Tahun 2024 Tertunda, Rapat Paripurna DPRD Tak Kuorum

“Setelah itu akan terpilih sebanyak 76 orang. Termasuk 2 orang yang akan dikirimkan ke tingkat Provinsi Jawa Timur untuk mengikuti seleksi di tingkat nasional. Kalau tidak lolos maka akan bergabung dengan anggota Paskibraka tingkat Provinsi Jawa Timur,” jelasnya.

Selama pelaksanaan seleksi, para calon anggota Paskibraka 2023 ini dipandu oleh penguji dari Disporapar Kabupaten Probolinggo, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo serta personil TNI dan Polri dari Kodim 0820 Probolinggo dan Polres Probolinggo. Serta petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo.

“Merekalah yang akan menilai para peserta tersebut layak atau tidak untuk menjadi anggota Paskibraka. Artinya seleksi dilakukan sangat ketat dan objektif. Kalau layak dan memenuhi syarat ya bisa lolos, begitu juga sebaliknya,” tegasnya.

Yuli menambahkan seleksi ini bertujuan untuk membentuk pasukan yang siap bertugas pada HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI yang terdiri dari pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45.

“Harapannya nantinya betul-betul terseleksi anggota Paskibraka 2023 tingkat Kabupaten Probolinggo secara transparan dan memenuhi kriteria serta terbentuk Paskibraka Kabupaten Probolinggo dan menjadi bagian dari Provinsi Jawa Timur,” pungkasnya. (Bbng)

Baca Juga  Melalui Disbudpar, Pemkab Bojonegoro Gelar Rangkaian Kegiatan Hiburan, Untuk Menumbuhkan Ekonomi Rakyat

Komentar