oleh

Gedung Monumen Pers Jadi Media Center DPP PJI.

SURABAYA, RODAINFORMASI.COM – Gedung Monumen Pers Perjuangan Surabaya jalan Tunjungan No. 100 Surabaya menjadi Sekretariat Media Center DPP PJI (Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Jurnalis Indonesia). Saat ini ruang kantor sedang dalam proses renovasi. Demikian diumumkan di Grup WA DPP PJI oleh Ketua Umum PJI Hartanto Boechori.

Disebutkan juga, Gedung Cagar Budaya yang sarat menyimpan Sejarah Perjuangan Pers ’45 itu, juga akan difungsikan sebagai virtual office sekurangnya 400-500 media Media Pers. Selain itu sebagai Sekretariat Depkumham PJI (Departemen Hukum dan HAM DPP PJI) dan Sekretariat Deppush Pers PJI (Departemen Pusat Usaha Pers DPP PJI) yang berfungsi sebagai penopang perputaran organisasi (PJI).

“Dan untuk mengingatkan kembali peran penting Monumen Pers Perjuangan Surabaya bagi kemerdekaan Indonesia, maka sesi pertama giat berbagi 1000 paket takjil DPP PJI tahun 2022, Selasa 26/4, dilaksanakan di Monumen Pers jalan Tunjungan 100 Surabaya. Takjil yang dibagikan pada sesi pertama ini 1000 paket”, ujar Hartanto Boechori, Ketua Umum PJI menanggapi pertanyaan wartawan.

Tahun ini DPP PJI membagikan 1350 paket takjil. Pembagian dilaksanakan dalam 2 sesi. Sesi pertama Selasa 26/4 di Monumen Pers Surabaya sebanyak 1000 paket dan sesi kedua 350 paket di Jalan Tambangboyo 176 Surabaya, Rabu 27/4. Berbagi takjil DPP PJI tahun ini mengusung tema, “Indahnya berbagi menjalin kerukunan dan toleransi antar agama, mendulang manfaat bulan Suci Ramadhan 2022”.

Baca Juga  Pembukaan UKW PJI ke 6 Disisipi Penghargaan Ketua DPC PJI Terbaik

“Kegiatan sosial berbagi takjil selama bulan Ramadhan merupakan agenda tahunan rutin DPP PJI”, tambahnya. “Seluruh paket takjil hasil urunan anggota PJI. Inilah hebatnya anggota PJI”, ujar Boechori dengan nada bangga. Dilanjutkannya, “Kegiatan seperti ini untuk lebih mempererat tali persaudaraan PJI dengan masyarakat, khususnya umat Muslim yang sedang menjalankan Ibadah Puasa”. ”Semoga kegiatan ini bisa membawa keberkahan bagi kita semua”, pungkasnya.

Ditemui di sela-sela kegiatan berbagi takjil di Monumen Pers (Selasa, 26/4), Hartanto Boechori menyampaikan, “saat ini ruang sekretariat Media Center DPP PJI di Monumen Pers sedang dibenahi”. “Insya Allah bulan ini tuntas”, lanjutnya. “ Peresmian ‘Media Center DPP PJI – Monumen Pers’ akan dilaksanakan 20 Mei mendatang. Hari yang sama diadakan ‘Ritual Pencucian Monumen Pers’ untuk merayakan Hari Pers Dunia yang seharusnya 3 Mei 2022, sekaligus memperingati Hari Kebangkjitan Nasional. Dilanjutkan acara Halal Bihalal anggota PJI. Hari Pers Dunia (World Press Freedom day seharusnya 3 Mei, namun tidak dapat dilaksanakan sesuai waktu karena berbarengan dengan Idul Fitri”, jelasnya Panjang lebar.

Diakhir pembicaraan Ketua Umum PJI itu menegaskan lagi, “nanti 20 Mei (2022, Red) jangan lupa, pada hari itu kita akan melaksanakan 3 kegiatan sekaligus; Peresmian ‘Media Center PJI – Monumen Pers’, ‘Ritual Pencucian Monumen Pers’ dan Halal bihalal”.

Pembagian 1000 paket takjil di Monumen Pers Surabaya dilaksanakan ramai-ramai. Sekitar 50 Anggota PJI di Surabaya dari berbagai media turun ke jalan. Pembagian 1000 paket takjil berlangsung lancar. Pengaturan Lalu-Lintas jalan diatur personil Polisi dari Polsek Genteng. Ada penerima paket takjil yang memekikkan, “Hidup PJI. PJI Hebat”.

Baca Juga  Ketua Umum PJI Hartanto Boechori: Kekerasan Terhadap Jurnalis Nurhadi Perbuatan Biadab

Di akhir acara pembagian takjil sesi pertama, Boechori, begitu Ketua Umum PJI itu biasa dipanggil, memberikan pengarahan singkat di depan Gedung Monumen Pers untuk target dan kegiatan PJI ke depan, termasuk teknis pelaksanaan Peresmian ‘Media Center DPP PJI – Monumen Pers’, ‘Ritual Pencucian Monumen Pers’ dan ‘Halal bihalal Anggota PJI’ yang ketiganya akan dilaksanakan pada 20 Mei 2022.

Pembagian paket takjil sesi kedua di jalan Tambang Boyo 176 Surabaya, Rabu 27/4, berlangsung lancar. Arus Lalu-lintas tidak terlalu terbeban karena anggota PJI yang membagikan telah terbiasa dari tahun ke tahun. Jumlah yang dibagikan juga hanya 350 paket berisi roti premium dan minuman senilai 10 ribuan. Kegiatan pembagian takjil telah menjadi salah satu agenda rutin DPP PJI setiap tahun Pengaturan Lalu-lintas juga dibantu petugas Polisi dari Polsek Tambaksari. Sekitar 15 anggota PJI dari berbagai media di Surabaya yang ikut turun membagikan.

Sementara penerima paket takjil mengaku senang dengan adanya takjil yang dibagikan. Seorang pengayuh becak yang biasa mangkal disana sempat menyampaikan ingatannya, “Tahun lalu saya juga menerima takjil dari PJI ditempat ini juga”, ujarnya. (red)

Komentar

Berita Rekomendasi