oleh

Kampanyekan ‘GEMARIKAN’ Untuk Cegah Peningkatan Angka Stunting

Bojonegoro, Rodainformasi.com,- Pemerintah Kabupaten Bojonegoro bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan dihadiri langsung oleh Ketua Forikan Provinsi Jatim yaitu Arumi Bachsin Emil Dardak, melaksanakan Kampanye Gemarikan (Gerakan Memasyarakat Makan Ikan) di Desa Sobontoro sekaligus tebar benih ikan lokal, di Desa Sidobandung, Kecamatan Balen, Selasa (15/03/22).

Kegiatan tersebut merupakan upaya Pemerintah Pusat hingga Desa dalam peningkatan kebutuhan gizi masyarakat dan peningkatan angka konsumtif ikan serta pencegahan kasus stunting di Kabupaten Bojonegoro.

Perlu diketahui pada tahun 2020, angka konsumsi ikan Bojonegoro mencapai 30,46 kg per kapita/tahun. Dan potensi perikanan di Kabupaten Bojonegoro terutama di sepanjang aliran bengawan solo dan beberapa daerah yang sumber airnya sepanjang tahun masih dapat dikembangkan lebih optimal lagi.

Oleh karena itu berbagai kebijakan, program dan kegiatan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Peternakan dan Perikanan perlu diprioritaskan pada daerah kawasan yang potensial untuk meningkatkan produksi ikan.

Mengingat pentingnya kesadaran masyarakat akan kebutuhan gizi anak usia dini, khususnya protein hewani, Kampanye Gemarikan memfokuskan pada peningkatan gizi 1.000 hari pertama kehidupan. Selain bermanfaat dalam peningkatan gizi anak usia dini, kandungan gizi dalam ikan sangat relevan untuk mendukung program pencegahan kasus stunting.

Baca Juga  Di Hari Ketiga Lebaran Tempat Wisata Wilayah Sumberrejo Bojonegoro Masih Tutup.

Menyampaikan sambutan Bupati Bojonegoro, Ninik Susmiati menjelaskan Kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran pentingnya gizi individu maupun kolektif masyarakat dengan gemar mengkonsumsi ikan. “Oleh karenanya saya mengajak ibu-ibu yang hadir pada acara ini untuk dapat mengolah ikan agar bisa menarik untuk dihidangkan di meja makan dengan berbagam olahan.” Terangnya Asisten Umum Sekretariat Daerah Kab. Bojonegoro.

Ketua Forikan Jawa Timur, dalam sambutannya mengajak masyarakat agar menyajikan menu olahan ikan untuk dikonsumsi keluarga. Selain kandungan gizi yang baik untuk menunjang perkembangan fisik dan otak, kandungan gizi ikan sangat baik dalam mencegah stunting. “Pemenuhan gizi anak sejak usia dini menjadi tugas kita bersama, sehingga kami bersama-sama dari jajaran pemerintah pusat, daerah hingga desa mencoba mengkampanyekan serta memenuhi kebutuhan protein hewani melalui kegiatan ini. Dan nanti kita akan melaksanakan tebar benih di Embung Sidobandung dan selanjutnya akan dikelola Bumdes dan dinikmati hasilnya oleh masyarakat.” Jelas Arumi.

Pada kesempatan tersebut pula, Ketua Forikan memberikan bantuan 200 paket produk ikan kepada 200 penerima/masyarakat Sobontoro dan Mulyoagaung secara simbolis.

Baca Juga  Hanya Ada Di Bojonegoro Pesona Alam 'LEMBAH CINTA' 

Selanjutnya, rombongan yang terdiri dari Ketua Forikan Jawa Timur, didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jatim, Kepala Bakorwil Bojonegoro, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kab. Bojonegoro, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kab. Bojonegoro, serta Pemerintah Desa Sidobandung.

Turut menebar sebanyak 25.000 benih ikan lokal di Embung Desa Sidobandung. Jenis ikan yang ditebar di Embung seluas 300×80 meter antaranya Ikan Baderbang, Ikan Sengkaring, Ikan muraganting, Ikan Tawes dan Ikan Nilem.

Reporter : Red/Hum

Komentar

Berita Rekomendasi