oleh

Kepala BPSDM Jatim Lakukan Studi Visitasi Sosial Di Kampoeng Thengul Bojonegoro

Bojonegoro, Rodainformasi.com, – Tim Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jawa Timur melakukan studi visitasi sosial kultural thengul di Kampoeng Thengul di Dusun Kedungkrambil, Desa Sumberjo, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro, Jum’at (20/05/22).

Thengul adalah merupakan kesenian khas Kabupaten Bojonegoro. Dalam kegiatan tersebut juga digelar pelatihan tari dan workshop kreatif. Selain itu juga digelar pergelaran mini Wayang Thengul yang berkolaborasi dengan kelompok kesenian New Putro Baskoro P.

Pada pagelaran mini wayang thengul semua di handel warga Kedungkrambil mulai dari dalang dan penabuh gamelan/Wiyaga serta sinden. Dalam aksinya mereka membawakan pertunjukan bertajuk ‘Bedah Sedayu’.

Menurut Kepala BPSDM Aries Agung mengatakan, bahwa penyebutan Kampung Thengul untuk Desa Kedungkrambil disebab telah mendapatkan penghargaan Nasional.

“Destinasi Kampoeng Thengul dipilih karena telah mendapat penghargaan nasional sebagai Warisan Budaya Tak Benda. Diharapkan dapat turut menjaga tradisi, budaya dan kearifan lokal,” ujar Aries Agung Paewai kepala BPSDM Jatim.

Di akhir acara, para tamu disuguhi sajian kuliner tradisional khas kampung. Diantaranya sayur menir, bothok wader, pelas, lodeh terong hingga sop ikan nila. Juga ada kudapan dorambil, kue berbahan tepung berbentuk bulat seperti dorayaki khas Jepang. Kue ini makin enak dengan topping kelapa.

Baca Juga  Jelang Natal 2021, Kapolresta Sidoarjo Cek Kesiapan Gereja

Sementara itu, Camat Margomulyo Dyah Enggarini Mukti menuturkan dengan adanya Kampoeng Thengul, diarapkan wayang dan tari thengul lebih bisa dikenal oleh generasi zaman sekarang. “Juga menjadi media pembelajaran yang akan dikemas menjadi tujuan wisata edukasi,” tuturnya. (Red/Hum)

Komentar

Berita Rekomendasi