oleh

Ketua DPD RI Dorong Jember Diintegrasikan Jadi Kota Industri Berbasis Agrobisnis

JAKARTA, rodainformasi.com – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menilai Kabupaten Jember memiliki potensi yang begitu besar untuk dapat dikembangkan sebagai kota industri berbasis agrobisnis. Apalagi, kabupaten di Jawa Timur itu memiliki 11 ribu lebih UMKM yang dapat dimaksimalkan untuk mendorong dan menopang perekonomian daerah.

Mantan Ketua Umum PSSI itu menilai, potensi keberadaan belasan ribu lebih UMKM itu harus didorong dan ditingkatkan agar produk-produk mereka dapat menembus pasar nasional bahkan global.

Hal yang diapresiasi oleh mantan Ketua Umum Kadin Jawa Timur itu adalah Kabupaten Jember memiliki program strategis yang salah satu di antaranya adalah Jember Outer Ring Road, yakni pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) serta pengembangan kawasan wisata berkelanjutan berbasis laut dan hutan.

“Saya melihat peluang agar Kabupaten Jember ini dapat diintegrasikan menjadi kota industri berbasis agraris,” kata LaNyalla dalam keterangan resminya, Jumat (19/3/2021). Senator Dapil Jawa Timur itu menilai dengan produktivitas komoditi perkebunan dan pertanian yang cukup bagus, Kabupaten Jember dapat menjadi sentra agrobisnis.

Baca Juga  Minta Polemik Dihindari, Ketua DPD RI: Penggunaan Dana Haji Harus Transparan 

“Pengembangan ke depan dapat dikonsentrasikan kepada produksi olahan. Kita punya teknologi yang mumpuni dan mekanisasi industri pengolahan yang sudah cukup maju. Saya kira ini bisa dielaborasi untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat Jember,” ujar LaNyalla.

Kolaborasi UMKM dan industri agrobisnis harus disusun secara matang dan menjadi program strategis untuk mewujudkannya.

“Outer Ring Road akan mendorong Jember menjadi daerah yang maju. SDM di Jember juga mumpuni untuk mengelola hal tersebut,” tutur alumnus Universitas Brawijaya Malang itu. (Bledex/red)

Komentar

Berita Rekomendasi