oleh

KPAI Berikan Penghargaan Kepada Polres Bojonegoro, Atas Cepat Dan Tanggap Menangani Kasus Anak.

 

Bojonegoro, Rodainformasi.com – Polres Bojonegoro menerima kunjungan Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Dalam kunjungan tersebut, Polres Bojonegoro menerima penghargaan atas respon cepat penanganan kasus terhadap anak dalam penegakan hukum dan perlindungan anak di indonesia dari Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia.

Dalam kunjungan KPAI di Polres Bojonegoro dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Dhanang Sasongko, S.Psi beserta tim, Ketua Tim Reaksi Cepat Perlindungan Anak (TRCPPA), Jeny Claudya Lumowa, Kapolres Bojonegoro, AKBP EG PANDIA, SIK, MM,MH, Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander, SIK, MH, Kapolres Kediri, AKBP Lukman Cahyono, SIK, MH, Dandim 0801/Pacitan diwakilkan serta para pejabat utama Polres Bojonegoro dan para Kasat Reskrim, Kanit PPA.

Penghargaan tersebut diberikan langsung Ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia, Arist Merdeka Sirait melalui Sekjen Komnas PA, Dhanang Sasongko Kepada Kapolres Bojonegoro, AKBP EG Pandia di gedung AP I Rawi Polres Bojonegoro, Senin (08/02/2021) pagi tadi.

Dari pantuan awak media ini di lokasi, Ketua KPAI, Arist Merdeka Sirait saat ini dalam kondisi sakit sehingga tidak dapat hadir dalam kunjungan KPAI ke Polres Bojonegoro.

Dalam sambutan Kapolres Bojonegoro, AKBP EG Pandia menyampaikan ucapan terima kasih perhatian dan dukungan KPAI kepada Polres Bojonegoro. Mengapresiasi kinerja Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Bojonegoro yang selama ini telah berkerja dan berdekikasi sangat tinggi dalam menangani kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Harapan kedepan kerja sama dan koordinasi yang telah berjalan antara Komnas PA dan Polri yang selama ini telah dibangun dengan baik dapat ditingkatkan sehingga kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak dapat ditekan.

Baca Juga  Kapolres Bojonegoro Kunjungi Pos PPKM Skala Mikro di Sumberrejo

“Dengan dedikasi yang tinggi, dapat mengungkap kasus kekerasan terhadap anak di wilayah Polres Bojonegoro dengan tuntas. Hal ini sebagai wujud pelayanan prima kami terhadap masyarakat bahwa Polri senantiasa hadir untuk memberikan pelindungan dan menjaga kamtibmas. Kita do’akan Ketua Komnas PA segara sembuh dan sehat sehingga dapat bergabung kembali dalam melaksanakan kegiatan untuk melindungi Perempuan dan Anak dari kekerasan,” ujar Kapolres.

Selanjutnya sambutan Sekjen Komnas PA, Dhanang Sasongko menyampaikan bahwa kegiatan hari ini dilaksanakan dalam rangka pemberian penghargaan kepada Kapolres dan Dandim yang dinilai memiliki dedikasi tinggi serta kerja dalam melindungi, menangani kasus Perempuan dan Anak dengan baik. Selain itu juga, silaturahmi Komnas PA dengan Polres Bojonegoro untuk membangun sinergitas dan koordinasi yang baik dalam rangka menekan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Kegiatan hari ini untuk memberikan penghargaan kepada Kapolres dan Dandim yang memiliki dedikasi tinggi dalam menanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Tugas Komnas PA adalah memantau, melindungi terhadap perempuan dan anak serta mendata kasus perlindungan anak,” kata Dhanang Sasongko.

Baca Juga  Program TMMD Ke-110 Resmi Ditutup

Kemudian dilanjutkan sambutan dari Ketua Tim Reaksi Cepat Perlindungan Anak (TRCPPA), Jeny Claudya Lumowa menyampaikan bahwa penghargaan dari KPAI diberikan atas kinerja PPA atas dasar data tim investigasi. Pemberian penghargaan ini berdasarkan seleksi yang ketat sehingga di Jawa Timur yang mendapatkan 3 Kapolres dan 1 Dandim.

“Penghargaan ini diberikan atas dasar investigasi dari tim kita yang turun ke lapangan. Penilaian berdasarkan pengakuan dari korban dalam penanganan kasus yang ditangani oleh PPA,” ucap Ketua Tim TRCPPA.

Selain Polres Bojonegoro yang menerima penghargaan dari KPAI, ada dua Polres dan satu Kodim juga menerima penghargaan dari KPAI, yaitu Polres Mojokerto, Polres Kediri dan Kodim 0801/Pacitan.

Disela-sela kunjungan KPAI, Kapolres Bojonegoro menambahkan bahwa pemberian penghargaan ini menjadi motivasi bagi jajaran Polres Bojonegoro untuk mempertahankan kinerja dalam melayani dan mengayomi masyarakat. Kedepan ada upaya preventif, preemtif dan memberikan himbuan dan mengajak kepada masyarakat terlibat untuk mengawasi dan melindungi anak-anaknya.

“Penghargaan ini sebagai motivasi bagi jajaran Polres Bojonegoro untuk mempertahankan kinerja dalam melayani masyarakat,” pungkas AKBP EG Pandia kepada awak media. (Hum /Red).

Komentar

Berita Rekomendasi