Kunjungi Polres Bojonegoro, Wihadi Wijayanto : Bhabinkamtibmas Sebagai Cermin Wajah Kepolisian Untuk Meningkatkan Kepercayaan Kepada Masyarakat

Bojonegoro, Rodainformasi.com – Anggota Komisi III DPR-RI dari Fraksi Partai Gerindra, Daerah Pemilihan Jawa Timur (Dapil Jatim) IX (Bojonegoro – Tuban), Wihadi Wiyanto, S.H., M.H. saat masa reses melakukan kunjungan kerja ke Polres Bojonegoro guna menerima saran masukan serta kendala dalam pelaksanaan tugas Kepolisian, Senin(27/2/2023) pukul 10.30 WIB.

Kedatangan anggota Komisi III DPR RI, Wihadi Wijayanto tersebut disambut langsung oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto, SIK beserta Pejabat Utama Polres Bojonegoro, yang turut hadir pula Ketua DPC Gerindra Bojonegoro, Sahudi beserta staf pengurus.

Kunjungan tersebut dikemas dalam Tatap Muka dan Dialog Bersama dengan para Bhabinkamtibmas Polsek jajaran Polres Bojonegoro di Gedung AP I Rawi serta dilaksanakan secara daring ditingkat Polsek.

Dalam sambutannya, Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto menyampaikan ucapan terima kasih dan suatu kebanggaan bagi Polres Bojonegoro.

Lanjut Kapolres, untuk saat ini jumlah Bhabinkamtibmas Polres Bojonegoro saat ini sampai dengan bulan Februari 2023 sebanyak 266 Personel mulai bulan Maret 2023 menjadi 288 Personel, sedangkan jumlah Desa dan Kelurahan di Kabupaten Bojonegoro sebanyak 430 Desa dan Kelurahan.

Baca Juga  Dandim 0812/Lamongan Dampingi Kapolres dan Bupati Lamongan Dalam Kunjungan Wakapolda jatim ke Pospam Nataru

“Ada satu Bhabinkamtibmas sampai merangkap 2 atau 3 Desa,” kata Kapolres saat menyampaikan sambutannya.

Pihaknya juga mengatakan hakikat tugas Bhabinkamtibmas adalah deteksi dini dan problem solving. Negara aman jika dua hal ini masif dan berkelanjutan dikerjakan oleh seluruh Bhabinkamtibmas. Kuncinya hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Kegiatan sehari-hari Bhabinkamtibmas Polres Bojonegoro Door to Door System(DDS), deteksi dini, problem solving, pembinaan komunitas, pembinaan siskamling, police service dan kegiatan di desa/kelurahan,” jelas AKBP Rogib Triyanto.

Diakhir sambutannya, Kapolres Bojonegoro mohon dukungan sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Sementara itu ditempat yang sama, anggota Komisi III DPR RI, Wihadi Wijayanto mengatakan kunjungan ini dalam rangka kunjungan kerja masa reses di Polres Bojonegoro. Selain itu, mendengarkan masukan-masukan dan kendala yang dihadapi.

“Terima kasih kepada Polres Bojonegoro, kesempatan yang diberikan kunjungan kerja masa reses selaku Komisi III DPRI RI yang bertanggung jawab membawahi bidang hukum, hak asasi manusia, dan juga keamanan negara. Polres Bojonegoro merupakan mitra kerja,” ucap Wihadi Wijayanto.

Baca Juga  Sukses Turunkan Prevalensi Stunting, Bojonegoro Raih Penghargaan Terbaik 3 se-Jawa Timur 

Lanjut Wihadi, dalam kegiatan Tatap Muka dan Dialog Bersama para Bhabinkamtibmas dengan mendengarkan saran serta menyerap aspirasi dan masukan dari Polres Bojonegoro, selanjutnya permasalahan-permasalahan tersebut akan diagendakan dan disampaikan kepada Kapolri.

Pihaknya juga mengatakan permasalahan-permasalahan yang disampaikan, “Salah satu contoh wilayah di Bojonegoro yang sulit sinyal, kondisi atau medan yang membutuhkan kendaraan roda dua yang kuat untuk melintasi medan sulit, hal ini perlu dibicarakan dengan petinggi Polri untuk mencari solusinya.

Bhabinkamtibmas sebagai cermin wajah Kepolisian dan menciptakan kepercayaan kepada masyarakat. Peran Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak di tingkat desa harus pintar, tidak gagap teknologi (Gaptek), humanis dan menguasai restorative justice untuk memenuhi rasa keadilan masyarakat.

“Harapannya Bhabinkamtibmas dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Selain itu, Bhabinkamtibmas harus up date terus perkembangan di desanya baik sosial, keamanan dan anggaran jangan sampai di desa timbul permasalahan,” pungkasnya.

Setelah sambutan dilanjutkan sesi tanya jawab para Bhabinkamtibmas baik langsung maupun daring. ( ResBjn / Red)

Komentar