Lamongan Marak Balap Liar, Jika Masyarakat Menjumpai Harap Lapor Lur !! di Wa 081319082001.

Lamongan,Rodainformasi.com –  Maraknya balap liar di beberapa ruas jalan utama di Kabupaten Lamongan, semakin meresahkan warga masyarakat. Balap liar ini kerapkali  masih terlihat bebas di gelar pada tengah malam, seperti halnya di wilayah poros jalan AKR Babat, kecamatan babat dan poros jalan utama deket, dealer Mitsubishi, kecamatan deket.

Yang harus menjadi perhatian serius, para pembalap liar itu dengan berani seringkali menghadang para pengguna jalan saat mereka akan melakukan start balap liar yang dilakukan secara berkelompok.

“Tidak habis pikir mereka sangat  berani  menghadang pengguna jalan, mobil, motor, bahkan truk besar pun mereka hadang dan harus berhenti di tengah jalan sampai mereka (Pembalap liar-red) melakukan  balapannya,” ungkap salah satu narasumber, IMH (20) pemuda warga desa Rejosari, Deket yang melihat langsung. Sabtu, (08/07/2023) malam dini hari.

Tambahnya, “Motor yang mereka pakai pun sudah di modifikasi dan tidak memenuhi standart keselamatan (Pretelan,Copot semua-red), apalagi tidak pakai helm itu sangat berbahaya. Para pemuda desa, juga selalu menegur langsung sampai membubarkan kegiatan balap liar itu, tapi seperti tidak ada jera !! Padahal pihak polsek deket juga sudah sering melakukan patroli dan pembubaran”.

Senada dengan hal itu, YH (35) warga masyarakat babat menurutkan keresahannya akan adanya balapan liar motor di jalan raya AKR babat, yang masih beberapa kali ditemuinya saat berkendara melintasi jalan raya babat.

“Saya pernah punya pengalaman dihadang oleh mereka, para pembalap liar yang akan melakukan balapan startnya di jalan raya desa Datinawong, Babat sampai POM AKR babat itu. Miris!! Banyak dari mereka bahkan masih terlihat muda-muda, terlihat masih bocah, saya menduga masih pelajar. Balap liar itu sepertinya sewaktu-waktu, Polsek Babat juga kerapkali menghadang dan patroli. Tapi mereka, pembalap liar main kucing kucingan seperti memantau lengahnya para aparat,” ungkapnya.

Padahal untuk mengantisipasi gangguan kamseltibcar lantas Petugas Polantas polres Lamongan dan jajaran polsek juga sering melaksanakan patroli operasi kejahatan jalanan antisipasi (3C, Begal, Balap Liar) dan penjagaan di titik titik rawan balap liar. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan pelayanan rasa aman kepada masyarakat pengguna jalan agar tidak terganggu dari aksi balap liar. Selain melaksanakan penjagaan petugas juga memberikan himbauan terkait kamseltibcar lantas.

Baca Juga  Lestarikan Seni Daerah, Pemkab Bojonegoro Akan Gelar Ketoprak Plesiran di Empat Zona

Polres Lamongan juga sudah meluncurkan program “Lapor Lur !! Kapolres Lamongan Siap 24 Jam. Polri terus berinovasi untuk memaksimalkan pelayanan kepada warga masyarakat dan terus berbenah agar menjadi lebih baik terutama di bidang Pelayanan, dengan harapan dilaksanakannya kegiatan tersebut bisa menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pengguna jalan pada saat melaksanakan aktifitasnya di jalan.

Mengutip pernyataan Kapolres Lamongan dari pemberitaan sebelumnya, AKBP Yakhob Silvana Delareskha, S.I.K., M.Si menjelaskan inovasi Lapor Pak Kapolres ini merupakan sebuah inovasi untuk kecepatan dan kesigapan dalam menanggapi keluhan masyarakat.

“Inovasi ini kami buat sebagai wujud Pengabdian dan Pelayanan Maksimal kepada warga masyarakat Lamongan khususnya untuk bisa merespon cepat keluhan atau pelaporan yang disampaikan oleh masyarakat. Saya yang akan pantau dan monitor langsung, jadi silahkan untuk warga masyarakat apabila ada gangguan kamtibmas silahkan dilaporkan langsung kepada saya atau bisa ke nomer Kapolsek di wilayahnya,” Jelas AKBP Yakhob.

Hal itu dilakukan guna meningkatkan Pelayanan Publik, Polres Lamongan juga sudah ciptakan Inovasi Lapor Pak Kapolres !! Lapor Lur !!, Yang siap 24 Jam dimana seluruh warga masyarakat terutama di Wilayah Kabupaten Lamongan bisa melapor langsung melalui Aplikasi WhatsApp dengan nomer Kapolres Lamongan yang sudah tertera yaitu di 081319082001.

Program Lapor Pak Kapolres merupakan salah satu program Transformasi Pelayanan Publik yaitu Program Quickwin Presisi dalam mendukung kebijakan Kapolri yakni transformasi menuju Polri Presisi, Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan.

“Kenapa aplikasi whatsapp yang digunakan dan bukan telpon biasa, Kapolres Lamongan lebih lanjut menjelaskan bahwa saat ini masyarakat sudah mayoritas menggunakan aplikasi tersebut dan mudah digunakan. Bukan hanya Polres, Polsek Jajaran pun tak luput dari Inovasi sederhana nan bermanfaat ini, Nantinya para Kapolsek jajaran juga mencantumkan nomor Whatsapp yang bisa dihubungi oleh warga masyarakat di wilayahnya,” tambahnya.

Baca Juga  Polres Bojonegoro Raih Penghargaan Pelayanan Prima Kategori A Versi PEKPPP Nasional

Sementara itu, Sekjen FKBN Bakorda Kabupaten Lamongan, Bayu Fazari turut menanggapi permasalahan atas masih marak balap liar di wilayah Kabupaten Lamongan ini, dan berharap peran serta aktif dari masyarakat untuk turut peduli akan ketertiban dan keamanan lingkungannya, terutama jika menjumpai adanya kejahatan jalanan ataupun balapan liar.

“Kegiatan balap liar di jalan raya itu sangat membahayakan keselamatan para pengguna jalan dan juga para pembalap liar itu sendiri. Menggangu ketertiban umum, terutama warga masyarakat sekitar. Saya berharap ada edukasi dan sosialisasi yang masif sampai ke bawah terutama kepada para pelajar dan pemuda di desa-desa oleh Polantas Polres Lamongan di 27 Kecamatan. Harapannya di tindak tegas dan ada treatment efek jera bagi para pelaku balap liar tersebut,” ujar kader Bela Negara itu.

Ditambahkan olehnya, “Saya juga mencintai olahraga otomotif dan senang dengan olahraga balap motor, baik drag atau sirkuit dan trail. Saya pernah melihat adanya sirkuit balap non permanen di stadion Surajaya Lamongan, hal itu sangat efektif dan bagus untuk mewadahi bakat dan kemampuan para pemuda pecinta olahraga otomotif di Kabupaten Lamongan khususnya,” kata bayu.

Bayu Fazari juga menyarankan kepada Pemangku kebijakan dan kepentingan untuk dapat duduk bersama menbahas hal ini, agar dapat mewadahi bakat para pembalap drag race itu dengan melakukan hal yang sama dengan diberikan atau disediakan fasilitas untuk pecinta olahraga otomotif Drag race motor di Lamongan.

“Saya lihat sini belum ada, semoga bisa diberikan atau disediakan fasilitas jalan lurus yang mulus kurang lebih 300 meteran untuk wadah asah para pecinta olahraga otomotif drag race motor di Lamongan,” pungkasnya. (Red)

Komentar