Minim Pengawasan, Pembangunan Drainase Desa Sawo, Seumur Jagung  Sudah pada Retak

Gresik, Rodainformasi.com – Bantuan Keuangan Desa ( BKD ) tahun anggaran 2022, untuk Pemerintah Desa Sawo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik Jawa Timur, yang dikucurkan Pemerintah Rp 200 Juta untuk pembangunan infrastruktur drainase baru seumur jagung pembangunan sudah banyak yang retak. ( 28/04/2023)

Dari hasil penelusuran awak media di lokasi proyek ditemukan adanya bangunan drainase sudah pada retak dan juga untuk pemasangan batu diduga pengerjaanya tidak sesuai petunjuk teknis, sehingga terlihat banyak rongga pada batu. Sementara  Ketua Tim Pelaksana Kegiatan ( TPK ) saat dikonfirmasi mengatakan  pembangunan drainase  yang berlokasi  Desa Sawo anggaran yang dialokasikan dari Dana BK bantuan keuangan angaran 200 juta.

Dan anehnya pembangunan dengan anggaran Rp 200 juta belum seumur jagung sudah banyak yang retak. Menurut salah satu warga sekitar ( SM ) mengatakan dengan logat bahasa jawa mengatakan ( wong bangunan iku Lo mas lagek pirang ulan wes podo retak kabeh, lah Lek  jangkep setahun opo dua  tahun opo gak ambrol mas ) tuturnya dengan nada kesal.

Baca Juga  DP3AKB Bojonegoro Gelar Workshop Edukasi Gizi, Cegah Anemia pada Remaja

Sementara  pendapat dari beberapa media  menyikapi hal tersebut mengatakan, bahwa anggaran negara yang dialokasikan untuk proyek pembangunan di desa Sawo seperti dana sendiri saja, membangun sak  enake dewe belum genap 7 bulan udah banyak yang  retak, disinyalir  berpotensi rawan  adanya penyelewengan atau mark up .Hal itu dimungkinkan  lemahnya pembinaan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Gresik dan minimnya pengawasan dari pihak terkait.

Saat awak media mendatangi balai desa untuk minta keterangan, Kepala desa sedang tidak ada di kantor,lantas  kami menanyakan pelaksana kegiatan, salah  satu perangkat desa menjawab tidak tau,, jenengan langsung ke pak kades saja mas katanya, kami pun mau konfirmasi ke bendahara desa katanya juga tidak ada di tempat..

Hingga berita ini ditayangkan, kami belum bisa mendapatkan keterangan dari Kepala desa Sawo dan saat dihubungi untuk  konfirmasi i melalui sambungan telepon seluler WhatsApp kepala desa sawo tidak merespon .( sholeh )

Komentar