Pemkab Bojonegoro Gelar Pembukaan Pekan Batik Daerah Budaya Bangsa, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat 

Bojonegoro, Rodainformasi.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menggelar pembukaan Pekan Batik Daerah Budaya Bangsa, Rabu (5/6/2024). Kegiatan selama empat (4) hari hingga Sabtu (8/6/2024) ini diikuti oleh 18 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur, 3 kabupaten dari Provinsi Jawa Tengah, serta asosiasi batik dari Palembang.

Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto, dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang kepada semua pihak, baik yang berasal dari wilayah Jawa Timur maupun dari luar Jawa dalam kegiatan Pekan Batik Daerah Budaya Bangsa. Acara dipusatkan di alun-alun Bojonegoro mulai tanggal 5 – 8 Juni 2024. “Kegiatan ini menjadi semangat kita secara nasional menjadikan batik sebagai suatu tradisi atau kebanggaan dari suatu daerah,” ujarnya.

Kegiatan ini, lanjut Pj Bupati, memiliki banyak nilai strategis. Pertama, animo anak muda khususnya di Bojonegoro dalam mengembangkan batik melalui corak baru. Sehingga melalui semangat anak muda ini, Kabupaten Bojonegoro memiliki banyak stok motif. Hal ini menjadi peluang untuk membuat ruang kerja baru khususnya di Jatim. Karena perkembangan budaya batik menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi dan kegiatan masyarakat.

Baca Juga  Tingkatkan SDM, Pemkab Bojonegoro Anggarkan Beasiswa Rp 34,6 Miliar di 2022

Kedua, kegiatan ini dalam rangka ikut mengembangkan corak baru batik. Sehingga, pihaknya mengundang wilayah lain yaitu Jawa Tengah juga Pemkab/Pemkot di Jawa Timur dan asosiasi batik dari Palembang. Sehingga bisa memperkaya corak batik.

 

Harapan kami, bisa mendorong dan menginspirasi bagi seluruh masyarakat bahwa batik suatu potensi untuk pertumbuhan ekonomi dan menjadi salah satu kebanggaan menguatnya identitas suatu daerah. Selain itu, menjadi ruang komunikasi dan pertemuan antara pengusaha dan pihak bisnis dengan perajin dan memberikan dampak ekonomi lebih besar,” katanya.

Dalam pekan batik ini, ada 84 stand pameran gratis sebagai upaya dukungan dari pemerintah kepada UMKM dan para pekerja seni. Mereka diantaranya dari Dekranasda Provinsi Jatim, 18 kab/kota se-Jatim, Provinsi Jawa Tengah ada 3 kabupaten meliputi Kabupaten Purworejo, Kabupaten Blora, dan Kabupaten Sragen, 3 OPD perwakilan Provinsi Jatim, OPD dari Pemkab Bojonegoro, 5 asosiasi batik Jatim, dan asosiasi batik dari Palembang. Untuk stand dari luar Pulau Jawa ini dapat menjadi warna pada corak batik daerah. Pameran ini juga melibatkan para pekerja seni dan UMKM serta stakeholder terkait.

Baca Juga  Maraknya Wabah PMK, TNI / Polri Gandeng Dinas Peternakan Lamongan Pantau Pemotongan Hewan Qurban.

Hadir dalam kegiatan pembukaan pekan batik ini jajaran Forkopimda, Pj Gubernur Provinsi Jawa Timur  Adhy Karyono dan Pj Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur Isye Adhy Karyono beserta jajaran, Konsulat Jenderal Australia di Surabaya, BUMD, Forkopimda Kabupaten Bojonegoro, Bupati serta Walikota se-Jawa Timur, serta tamu lainnya.( Bjnkab / Red)

 

Komentar