oleh

Peringatan HJL Ke 453, Komunitas “PANJI  Lamongan Pelestari Tosan Aji Tampilkan  Puluhan Benda Pusaka

Lamongan, Rodainformasi.com Di zaman yang moderen dan canggih  dengan pengetahuan teknologi yang mendunia dimasa sekarang ini, masyarakat jawa masih tetap dan  turun temurun  mempertahankan akan adat, budaya dan tradisi serta tidak terpengaruh akan budaya lain ditengah era yang serba milenial .Salah satunya adalah  tradisi budaya  dengan nguri nguri  melestarikan benda – benda pusaka peninggalan nenek moyang  yang  melegenda di bumi Nusantara.Rabu ( 01/06/2022).

Sementara benda pusaka adalah hasil karya besar para empu – empu dimasa Kerajaan yang mempunyai daya Supranatural yang konon katanya dipercaya  dapat memberikan kekuatan , kejayaan dan kebesaran  pada pemiliknya.

Dalam konteks ini di Kabupaten Lamongan Jawa Timur, komunitas” Panji Lamongan Pelestari Tosan Aji Lamongan”  yang nguri – nguri budaya jawa dalam hal melestarikan dan merawat benda  pusaka, karena benda pusaka merupakan barang langka dan antik.

Dalam komunitas ini adalah , Abah Tain yang akrab di panggil Mbah Semar yang beralamat di Babat Lamongan kepada rodainformasi memaparkan bahwa,pameran pusaka Keris ini dalam rangka memperingati ,Hari Jadi Lamongan ( HJL) ke 453 Tahun 2022,dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat juga memberikan pembelajaran sejarah bagi generasi muda  terkait budaya peninggalan nenek moyang kita,  yang berupa Keris, agar tetap nguri – nguri budaya dan tidak takut untuk menyimpan keris.

Menurutnya memberikan pengertian  kepada masyarakat sangat penting, dikarenakan adat budaya jawa sudah tersingkir dengan adat budaya barat, oleh karenanya dengan edukasi ini kita  mengembalikan kebudayaan asli jawa,yang mana generasi muda sekarang sudah lupa dengan adat budayanya juga lupa akan unggah – ungguh. Dan yang paling  terpenting meluruskan paranormal atau dukun yang mana sering terjadi adanya hal – hal yang diluar jangkauan.

“Mbah Semar” Juga menambahkan  komunitas atau wadah pelestari budaya pecinta Tosan Aji, khususnya di Kabupaten Lamongan juga ada yang  anggotanya dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Tuban dan Bojonegoro.

Dalam  pameran  kemarin pada Jum’at 26 Mei 2022  Komunitas Panji Lamongan pelestari tosan aji menampilkan puluhan Keris berbagai nama, jenis dan pamor serta benda pusaka lainya,  dan masih suasana Hari Jadi Lamongan ke 453,Komunitas  pelestari tosan Aji “Mbah Semar” juga akan tampil pameran pada tanggal 4—- 10 Juni 2022 di GOR Lamongan,  agar masyarakat bisa mengenal dan melihat lebih dekat atas pusaka – pusaka atau tosan aji peninggalan para leluhur atau nenek moyang. ( Ir / Redaksi).

Baca Juga  Kecelakaan Bus vs Kerata Api, Kapolres Tulungagung : 5 Orang Meninggal Dunia dan 16 Luka - Luka

Komentar

Berita Rekomendasi