Peringati Bulan K3 Nasional, PLN UIP JBTB Gelar Berbagai Kegiatan K3

Surabaya, RI – 10 Februari 2023. PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (PLN UIP JBTB) berkomitmen meningkatkan implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Dalam Bulan K3 Nasional tahun 2023 yang mengusung Tema Pokok “Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja, PLN bertekad meningkatkan penanaman Budaya K3 untuk dilaksanakan dalam setiap proses pekerjaan.

Tidak hanya itu, pada akhir Januari, PLN yang secara periodik melaksanakan pelatihan tanggap darurat seperti kebakaran, bencana alam dan huru hara, kali ini juga melaksanakan Pencegahan Radikalisme dan Terorisme dengan bekerjasama dengan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) Wilayah Jawa Timur dan berkolaborasi dengan BPBD (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Kota Surabaya dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya.

“Sosialisasi ini penting untuk dilaksanakan sebagai upaya preventif dalam pencegahan perkembangan paham radikalisme dan terorisme. Diharapkan dengan adanya penyuluhan dan pemaparan ini, maka akan semakin mengobarkan jiwa nasionalisme dan memiliki paham yang benar dalam berbangsa dan bernegara untuk Pegawai dan Tenaga Alih Daya PLN.”, ucap Ambaransyah Pradipta A., SH, BNPT FASDA Kota Surabaya.

“Jadi kita mengingatkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus menjunjung tinggi semangat berbangsa dan bernegara yang bertoleransi yang cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia”, tambahnya.

Baca Juga  Lestarikan Satwa Langka, PLN Berhasil Tetaskan 9 Telur Burung Maleo

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Surabaya, Drs. Yanu Mardianto, menyampaikan bahwa penyuluhan tanggap darurat ini telah dilaksanakan secara periodik oleh PLN dan BPBD. Dalam penyuluhan ini pegawai dan tenaga alih daya PLN diajarkan bagaimana untuk dapat siap siaga dalam keadaan darurat seperti kebakaran, huru hara serta jika terjadi bencana alam sehingga pegawai dan tenaga alih daya PLN dapat semakin cakap jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan yang berhubungan dengan darurat di kemudian hari.

Kedua sosialisasi yang turut sebagai upaya mitigasi resiko ini disambut positif oleh Pegawai dan Tenaga Alih Daya PLN UIP JBTB, PLN ICON + dan PLN UPMK II, mereka dengan antusias mengikuti pelatihan dari awal hingga selesai.

Selain penyuluhan, PLN UIP JBTB juga kerap melakukan pemeriksaan proses pekerjaan berdasarkan prinsip K3 yang dilakukan secara berkala dalam setiap proses pekerjaan. Hal ini dibuktikan dengan hasil capaian zero accident dalam tahun 2023 dan tahun-tahun sebelumnya. Dalam bulan K3 Nasional ini, juga dilaksanakan road show pemeriksaan kesesuaian dengan K3, baik yang di lapangan maupun yang ada di kantor. PLN selalu memastikan segala pekerjaan berjalan sesuai aturan yang berlaku, sehingga dapat optimal dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan demi kepentingan umum.

Baca Juga  Teken PJBTL, PLN Siap Pasok Listrik 80 MVA ke Smelter Antam di Halmahera Timur

“PLN selalu memastikan prinsip K3 diterapkan dalam segala aspek pekerjaan, baik dari sisi penjalanan prosedur kerja, memastikan pekerja yang bekerja dalam keadaan sehat, adanya pengawas pekerjaan yang selalu standby memastikan pekerjaan dilakukan dengan aman dan tentu saja memastikan pemakaian APD yang sesuai dengan standard safety. Semuanya harus dipastikan berjalan dengan baik sesuai ketentuan berlaku.”, ungkap Manager Pengendali K3L dan KAM PLN UIP JBTB, T.A. Alexander Bulo.

General Manager PLN UIP JBTB, Muhammad Ramadhansyah menuturkan bahwa kegiatan K3 ini dilaksanakan tidak hanya dalam bulan K3 Nasional, namun PLN selalu memastikan bahwa setiap pekerjaan baik yang di kantor terutama yang di lapangan, semuanya mengedepankan dan menerapkan prinsip K3. PLN selalu menekankan bahwa tidak ada yang lebih penting dari nyawa manusia. Sehingga setiap pekerjaan dilaksanakan secara profesional, kompeten dan dilaksanakan sesuai budaya AKHLAK BUMN. Muhammad Ramadhansyah menambahkan bahwa di tahun ini juga ditambahkan pemaparan dan internalisasi pencegahan radikalisme dan terorisme, sehingga seluruh pegawai dan Tenaga Alih Daya PLN semakin ditingkatkan rasa nasionalismenya, walaupun selama inipun sudah mengakar kuat pada jiwa setiap keluarga besar PLN. (dex)

Komentar