oleh

Peringati Hari Kanker Se Dunia, WBP Perempuan Lapas Lamongan Ikuti Sosialisasi Kanker

Lamongan, Rodainformasi.com – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lamongan Kanwil Kemenkumham Jatim melalui Petugas Klinik Hadiwijaya Lapas Lamongan memberikan edukasi dan sosialisasi pencegahan dini penyakit kanker payudara kepada warga binaan perempuan. Hal itu bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan panduan dalam mendeteksi ataupun memeriksakan diri sendiri dengan cara yang mudah, Sabtu (4/02/2023)

Bertempat di Aula Lapas Lamongan Petugas Klinik Hadiwijaya Lapas Lamongan memberikan pemahaman kepada warga binaan bahwa kanker payudara merupakan salah satu kanker dengan jumlah kematian tertinggi di Indonesia. Umumnya, kanker payudara diketahui setelah menginjak stadium lanjut. Pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI adalah suatu upaya pendeteksi dini terjadinya kanker payudara, melalui metode ini diharapkan berfokus pada deteksi tumor stadium awal yang berukuran kecil, semakin dini masalah semakin cepat juga penanganan sehingga kemunculan kanker bisa dikalahkan.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi kepada Warga Binaan Perempuan yang ada di Lapas Lamongan maka petugas kesehatan Lapas Lamongan yang dipimpin langsung oleh dr. Heri Prawitno Marpaung selaku dokter di klinik Hadiwijaya Lapas Lamongan beserta tim perawat memberikan edukasi untuk melakukan deteksi dini tersebut.

Baca Juga  Gerai Vaksinasi TNI-Polri Sasar Pondok Pesantren di Bojonegoro

“Dalam memperingati Hari Kanker se-Dunia ini, hal yang terpenting untuk kita berikan, kita ajarkan bagaimana mereka (WBP Perempuan) bisa mendeteksi secara mandiri terhadap penyakit kanker payudara ini. Kita ingin semua warga binaan disini bisa terhindar dari berbagai macam penyakit, terlebih terhadap penyakit yang beresiko tinggi seperti kanker payudara ini,” tutur dr. Heri.( Humas Lapas / Red)

Komentar