oleh

PLN Dorong Peningkatan Konsumsi Listrik Menuju Era Energi Bersih

Jakarta, Rodainformasi.com – PLN menjadi pentingnya transisi menuju energi bersih untuk memastikan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang ditengah ancaman perubahan iklim yang terjadi saat ini.

PLN terus mendorong konsumsi listrik menuju Era Bersih, yakni mencapai karbon netral pada 2060. Cara transisi menuju Energi Baru Terbarukan (EBT) dan pergeseran dari energi berbasis impor menuju energi berbasis domestik

“Mari kita bicara mengenai suplai & demand listrik secara lebih seimbang, sehingga pembangunan suplai bisa dibeli oleh demand yang sesuai. Bagaimana kita mendorong agar kompor induksi dan mobil listrik dapat meningkatkan konsumsi listrik.” Kata Dirut PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini.

Lanjut Dirut memaparkan menurutnya, merespon isu perubahan iklim, PLN juga telah menetapkan komitmen untuk mencapai karbon netral pada 2060.

Caranya melalui skema transisi menuju EBT & pergeseran dari energi berbasis berbasis import menuju energi berbasis domestik

“Kami menyiapkan peta jalan retirement (pensiun) PLTU Batu Bara untuk mencapai karbon netral pada 2060. Tahapan monetisasi PLTU Batu Bara sebesar 50,1 GW hingga 2056 akan dilaksanakan dan menggantinya dengan EBT secara bertahap.” Paparnya.

Baca Juga  Forkopimda Dampingi Menko Marves dan Menkes Lakukan Pengecekan Penanganan Covid di Jatim

Untuk itu Dirut mengingatkan ada hal penting yang perlu diperhatikan dalam pengembangan EBT kedepan.

“Pertama, keselarasan supply & demand kedua, affordability (keterjangkauan) dan berikutnya enviromental (aspek lingkungan).” Pungkas Zulkifli Zaini Dirut PT PLN (Persero). (Bledex)

Komentar

Berita Rekomendasi