Sosialisasi dan bimbingan teknis IDM 2023 Desa Prayungan

Bojonegoro, Rodainformasi.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) terus menaikkan target Indeks Desa Membangun (IDM) di Kabupaten Bojonegoro tahun 2023. Yakni dari semula tahun 2022 desa yang berstatus Desa Mandiri Bojonegoro sebanyak 155 Desa menjadi 251 desa di tahun 2023.

Kepala DPMD Kabupaten Bojonegoro Machmuddin menjelaskan saat ini Pemkab Bojonegoro terus berusaha meningkatkan status jumlah Desa Mandiri di Kabupaten Bojonegoro.  Sebab, IDM bertujuan mengukur pembangunan desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di berbagai bidang.

“Bidang yang dimaksud meliputi pendidikan, kesehatan, infrastruktur energi, air bersih, komunikasi, transportasi, pelayanan umum, penyelenggaraan pemerintahan dan ekologi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Machmuddin menuturkan target peningkatan IDM sesuai hasil koordinasi dengan Tenaga Ahli (TA), Pendampil Desa (PD), dan Pendamping Lokal Desa (PLD). Ditargetkan ada peningkatan jumlah Desa Mandiri.

Untuk Itu saat ini juga dilaksanakan pemutakhiran data yang dilaksanakan oleh Desa dan didampingi PLD.

Artinya IDM dari jumlah sebelumnya Desa berstatus Desa Mandiri sebanyak 155 desa, Desa Maju ada 251 desa, dan Desa Berkembang ada 13 desa Pada tahun 2022. Diproyeksi pada tahun 2023 untuk Desa Mandiri sebanyak 251 desa, dan proyeksi Desa Maju ada 168 dan nol untuk Desa Berstatus Berkembang.

Baca Juga  Berbagi Kasih Di Bulan Ramadhan Sekretariat Bersama Wartawan Indonesia ( SWI ) DPD Probolinggo Bagi-Bagi Takjil.

“Namun Belum ada rekapitulasi dari Pusat, Rencana penarikan data IDM akhir Bulan Juni 2023,” pungkasnya.( Bojonegorokab / Red)

 

Komentar