oleh

Temu Kenal Pelaku IKM,Mas Bupati Tuban ingin Majukan IKM di Mulai Dengan Uptade Data Base

Tuban, Rodainformasi.com – Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky menggelar pertemuan dengan para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Kabupaten Tuban di ruang rapat lantai tiga Setda Tuban. Kamis/02/06/2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala OPD Terkait, Kepala Bank Jatim Cabang Tuban, serta 50 pelaku IKM.

Dalam kesempatan tersebut, Mas Bupati berdialog dengan para pelaku IKM terkait penguatan pemasaran dan optimalisasi penyerapan produk skala besar melalui peluang yang tercipta dari kerjasama dengan pemerintah.

Menurut Mas Lindra, diperlukan perubahan besar untuk IKM Tuban agar dapat memanfaatkan peluang yang ada, dimulai dengan mengapdate database yang mencakup jumlah IKM, jenis produk, jumlah produksi, hingga peta pemasaran dan permintaan barang. “Data tersebut nantinya akan di olah oleh Pemkab sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan di bidang peningkatan IKM maupun UKM di Kabupaten Tuban,” tuturnya.

Masih menurut Mas Lindra, komunikasi dengan pemkab dibuka agar terwujud kesepahaman antara pemkab dengan pelaku IKM terkait produk apa yang dibuat dan dipasarkan agar sesuai dengan kebutuhan daerah. Selain itu, langkah ini juga akan memudahkan promosi produk dari Pemkab Tuban untuk nantinya di muat dalam e-katalog.

Baca Juga  Dua Perangkat Desa Tlogohaji - Sumberrejo Dilantik

Mas Lindra juga mengingatkan agar produk yang diciptakan dan dipasarkan berbasis pada potensi kelokalan. “Untuk itu, saya berharap IKM bisa bekerjasama dengan desa melalui program OVOP yang dimiliki di setiap desa kita,” ucapnya.

Mas Lindra menambahkan, Pemkab terus mendampingi para pelaku IKM maupun UKM mulai dari pelatihan, permodalan, dan bantuan alat. Akan tetapi, kendala yang ditemui adalah pelaku IKM Tuban belum terwadahi menjadi satu organisasi. Kesatuan wadah atau organisasi menjadi penting agar nantinya program  bantuan atau implementasi kebijakan yang diberikan dapat maksimal, sehingga tercipta ekosistem berkesinambungan. “Semua dilakukan untuk peningkatan dan penguatan ekonomi daerah serta peningkatan pendapatan pelaku IKM,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Sugeng Purnomo mengatakan, pertemuan tersebut sebagai penguat komitmen Pemkab Tuban dalam upaya penguatan IKM di Kabupaten Tuban.

Sinergi yang terbangun antara pelaku IKM dengan pemkab diperlukan guna kebijakan dapat diserap dengan maksimal. “Update database mejadi langkah awal komitmen yang terbangun,” katanya.

Diharapkan, dengan kepastian data dapat menciptakan penguatan produk sesuai potensi daerah, perluasan pemasaran, hingga bantuan permodalan dan alat yang dibutuhkan oleh para pelaku IKM maupun UKM.

Baca Juga  Gerak cepat Babinsa jajaran kodim 0812 di kerahkan bantu pindahkan warga isoma ke isoter

Dalam pertemuan tersebut juga disepakati, dalam satu minggu ke depan pelaku IKM membentuk satu organisasi dan mengakomodir seluruh data dari setiap anggota. “Kita kasih waktu satu minggu untuk mereka menyempurnakan data, GGjuga mebentuk organisasi induk agar gampang mengakomodir kebijakan, atau program,” pungkasnya ( Humas / DM)

Komentar

Berita Rekomendasi