oleh

Upaya Percepat Pembangunan Rekonfigurasi GISTET 500 kV Paiton

PLN Gandeng Dinas Kehutanan Jawa Timur

Banyuwangi, Rodainformasi.com –  28 Maret 2022. PLN Percepat Pembangunan rekonfigurasi GISTET 500 kV Paiton. Gandeng Dinas Kehutanan Jawa Timur, PLN lakukan Rapat Koordinasi dan Pemeriksaan Lapangan Bersama dalam rangka evaluasi persetujuan penggunaan kawasan hutan. Pemeriksaan Lapangan dilaksanakan dalam rangka memperoleh persetujuan teknis dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur yang merupakan salah satu kelengkapan dalam pengurusan Persetujuan Penggunaan Kawasan Hutan.

Rekonfigurasi GISTET 500 kV Paiton dilaksanakan untuk peningkatan keandalan sistem kelistrikan, dimana dengan rekonfigurasi GISTET 500 kV Paiton akan menyebabkan terintegrasinya SUTET 500 kV Java Bali Connection dengan sistem anti blackout 500 kV Jawa dengan pembangunan GITET 500 kV Bangil beserta transmisinya. Di samping itu dengan rekonfigurasi GISTET 500 kV Paiton dapat memanfaatkan tower eksisting 500 kV untuk evakuasi daya dari Paiton ke Bali melalui GITET 500 kV Kalipuro.

Infrastruktur kelistrikan ini direncanakan akan beroperasi pada tahun 2023. Pekerjaan ini akan meminimalkan waktu padam Pembangkit Paiton dan meminimalisir dampak pemadaman. Proses rekonfigurasi ini membutuhkan 3 tower baru dimana 2 tower baru diantaranya berada dalam Kawasan Hutan Produksi (KPH) Probolinggo dengan luasan 3,08 Ha. Pemeriksaan Lapangan Bersama ini dihadiri Dinas Kehutanan Jawa Timur, Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah XI Yogyakarta, Departemen Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, Dinas Kehutanan Wilayah Lumajang, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Probolinggo dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga  Resmikan SPKLU Ultra Fast Charging Pertama di RI, Presiden Jokowi: Apresiasi Kesiapan PLN Dukung KTT G20

Ditemui dalam kesempatan berbeda, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Ir. Jumadi, M,MT, mengungkapkan pihaknya siap bersinergi secara maksimal dalam mendukung pembangunan proyek strategis nasional ini. Jumadi juga menyampaikan agar PLN tetap berkoordinasi dengan intensif dan melengkapi seluruh persyaratan agar proses persetujuan kawasan hutan dapat diterbitkan sesuai target waktu yang ditetapkan.

Direktur Mega Project dan Energi Baru Terbarukan PLN ,Wiluyo Kusdwiharto menuturkan dengan pembangunan Rekonfigurasi GISTET 500 kV Paiton yang merupakan bagian dari SUTET 500 kV Java Bali Connection, nantinya akan mendukung keoptimalan keandalan sistem ketenagalistrikan di Jawa Timur dan Bali.

General Manager PLN UIP JBTB, Muhammad Ramadhansyah, mengatakan Pemeriksaan Lapangan ini sangat diperlukan dalam upaya Persetujuan Penggunaan Kawasan Hutan dapat segera diterbitkan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Kami berharap dengan sinergitas yang tercipta, berbagai upaya di lapangan serta pemenuhan berkas administrasi dapat mempercepat penerbitan Persetujuan Penggunaan Kawasan Hutan sehingga proses pembangunan dari relokasi 2 tower terkait Rekonfigurasi GISTET 500 kV Paiton dapat mulai kami laksanakan.”, Ucapnya

Baca Juga  Kisah Perjuangan Luther, Membawa Terang ke Pulau Alor

Narahubung:

Ratih Kusuma Dewi

Senior Manager Perizinan, Pertanahan, dan Komunikasi

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali. (red)

Komentar

Berita Rekomendasi