Urologi Center Dan  Digitalisasi Pelayanan Hadir di RSUD Dr. Soegiri Lamongan

Lamongan, Rodainformasi.com – Urologi Center sebagai pusat pelayanan pengobatan untuk pasien yang memiliki keluhan masalah ginjal, uretra (saluran ginjal), saluran kencing, maupun organ reproduksi dan diresmikan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Selasa (7/3), di RSUD Soegiri Lamongan

Dengan menghadirkan 6 layanan mulai dari Poli Urologi, Poli Harmoni, ESWL (Extracorporeal shock wave lithotripsy), ruang rawat inap sebanyak 8 kamar, unit diagnostik, hingga CAPD (Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis), menurut Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan hal tersebut akan memicu hadirnya layanan yang semakin baik dan sempurna.

Terlebih, di era teknologi informasi yang searah dengan teknologi kedokteran menuntut instansi kesehatan untuk menghadirkan pelayanan yang berintegrasi dengan teknologi agar tercipta pelayanan yang semakin baik.

“Perubahan teknologi yang tidak bisa kita hindari ini menjadi sebuah sikap dan spirit kita semua, tidak hanya RS dr.Soegiri, memanfatkan kemajuan teknologi di era digitalisasi ini sudah menjadi tuntutan, keniscayaan kita semua, supaya kita selalu memberikan layanan ini semakin baik,” kata Pak Yes.

Kehadiran urologi center, kata Pak Yes, akan menambah kelengkapan RSUD Soegiri dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Selain itu, Pak Yes berharap, dengan kehadiran Urologi Center masyarakat Lamongan tidak perlu jauh-jauh priksa ke Surabaya maupun Gresik.

Baca Juga  Pengurus IPNU IPPNU Bojonegoro Dilantik di Pendopo Pemkab, Siap Menjawab Tantangan Zaman 

“Tentu ini menambah kelengkapan RSUD, dan menjadi pemenuhan tuntutan masyarakat yang semakin banyak, karena center jadi semuanya ada di sini tidak perlu jauh jauh ke Surabaya. Dengan ini akan menerima pasien-pasien dari luar juga, tapi yang menjadi prioritas tetap pasien-pasien di Kabupaten Lamongan,” tambah Pak Yes.

Tak hanya itu, untuk menghadirkan pelayanan yang terintegrasi dan memadahi, pada kesempatan tersebut, Pak Yes juga diresmikan digitalisasi pelayanan radiologi.

Menurut Direktur RSUD Dr. Soegiri Lamongan dr. Moh. Chaidir Annas digitalisasi pelayanan radiologi yang menerapkan sistem PACS (Picture Archiving Communication System), akan terjadi peningkatan dalam efisiensi menegement pelayanan pemeriksaan pasien.

“Diagnosis semakin cepat, terapi semakin cepat, dan disisi managemen efisiensinya meningkat karena tidak perlu cetak film tidak perlu pembacaan data tambahan sehingga mempercepat layanan yang ada di RS Soegiri. Gambar yang dihasilkan bisa di akses melalui handphone, jadi dokter tidak akan terpisah dengan pasiennya,” ujar dr. Anas

Lebih jauh Direktur Utama RSUD Dr. Soegiri dr. Moh. Chaidir Annas, menjelaskan bahwa Urologi Center ini merupakan penggabungan dari beberapa layanan yang terdiri dari Poli Urologi (Rawat Jalan, Rawat Inap, Kamar Operasi Urologi, OK Minor Urologi, Unit Diagnostik Urologi), Poli Harmoni (Poli Disfungsi Ereksi), ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy)/pemecah batu dengan laser, dan CAPD (Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis) Center/ sistem cuci darah.

Baca Juga  Maraknya Isu Perihal Penyalahgunaan Profesi Wartawan di Kabupaten Lamongan, Begini Tanggapan KJL

Tidak hanya itu, dr. Annas juga mengungkapkan bahwa digitalisasi layanan untuk percepatan pelayanan pasien dengan PACS (Picture Archiving Comunication System) juga sudah dimiliki RSUD Soegiri.

“Digitalisasi layanan komunikasi ini berupa gambar yang nanti dikirim ke ruangan atau unit yang memerlukan, gambar real time sehingga keuntungan diagnosis semakin cepat, terapi semakin cepat, aspek manajemen dan efisiensi juga meningkat, ” terangnya.

Selain itu juga dilaksanakannya pengembangan Instalasi Kedokteran Forensik yang sekaligus mendukung peran Soegiri sebagai rumah sakit pendidikan, serta hadirnya poli bedah vaskuler dan endovaskuler yang merupakan sub spesialis bedah umum.( Hum/ Red)

Komentar