Warga Kampung Nelayan Sampaikan Keluhan Kepada Kapolres Tanjung Perak, Lewat Jumat Curhat

Surabaya, RI – Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menggelar kegiatan Jumat Curhat di Jalan Greges Barat RW.IV Kelurahan Tambak Sarioso Kecamatan Asemrowo Surabaya, pada Jumat (27/1/2023) pagi.

Kegiatan dikemas dengan duduk bersama polisi dan masyarakat di Tambat Labuh Sontoh Laut untuk menyerap aspirasi warga setempat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Herlina bersama anggota lainnya serta Kapolsek Asemrowo Kompol Hari Kurniawan. Sedangkan peserta yang hadir adalah Lurah Tambak Sarioso, City Mangezong Negeri Pertiwi, SH., tokoh masyarakat, Kader Surabaya Hebat, dan Warga Nelayan Greges Surabaya.

Kapolres AKBP Herlina mengatakan, kegiatan Jumat curhat merupakan Progam Polda Jatim, agar Polri turun kemasyarakat, untuk mendengarkan curhat langsung warga terkait permasalahan keluhan warga, maupun terkait pelayanan Polri.

“Kami dengarkan keluhan masyarakat terkait dengan situasi kamtibmas di wilayah masing-masing termasuk di Greges Barat RW.IV Kelurahan Tambak Sarioso Kecamatan Asemrowo Surabaya kali ini,” ujar Ndan Herlina sapaan akrabnya.

Dijelaskan, AKBP Herlina bahwa Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya telah melaksanakan kegiatan Jumat Curhat ini, secara rutin. Kegiatan digelar pada Jumat baik di tingkat polres maupun seluruh polsek jajaran.

Baca Juga  Apa Tugas Bhabinkamtibmas? Ini Kata Wadir Binmas Polda Jatim

“Polri dengan masyarakat saling membutuhkan untuk menciptakan Harkamtipmas yang kondusif. Dan warga harus bisa menjadi Polisi bagi dirinya sendiri agar dapat mengamankan dirinya sendiri,” kata AKBP Herlina.

Ditambahkan AKBP Herlina, sasaran kegiatan Jumat Curhat kali ini seluruh lapisan masyarakat. Diantaranya Kader Surabaya Hebat, Warga Nelayan Greges, masyarakat umum, dan sebagainya.

Kapolres berharap dengan kegiatan yang dilaksanakan ini mampu menyerap aspirasi, saran, maupun keluhan masyarakat terkait kamtibmas. Sehingga dapat dilakukan tidak lanjut atas saran yang disampaikan guna mendukung kamtibmas yang kondusif.

Sejumlah aspirasi yang disampaikan masyarakat dalam Jumat Curhat Purwandi selaku Ketua RT.2 RW.I Kel.Tambak Sarioso diantaranya bantuan alat berupa CCTV dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak, sehingga situasi dapat terus terpantau dan nantinya dapat membantu tugas Polri.

Pertanyaan yang disampaikan langsung mendapat jawaban dari Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, dalam upaya menjaga keamanan dilingkungan pemukiman warga tidak harus mengandalkan CCTV.

Namun lebih pada keperdulian warganya, untuk itu harus menjadi Polisi bagi dirinya sendiri dan lingkungannya, dengan memaksimalkan fungsi siskamling warga.

Baca Juga  Kapolri Turun Langsung ke Pasar Pastikan Stok Minyak Goreng Untuk Warga Aman

Ditambahkan, Kapolsek Asemrowo Kompol Hari Kurniawan, berulangkali kali anggota melakukan ungkap curanmor dan Jambret, sekitar kurang lebih ada 18 kasus dan pelakunya masih anak dibawah umur.

“Kami memohon dalam setiap adanya kejadian, jangan main hakim sendiri, jika tertangkap tangan serahkan, pada pihak yang berwajib Kepolisian setempat untuk dilakukan proses secara hukum,” tutur Kompol Hari sapaan akrabnya.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan bantuan sosial berupa paket beras kepada masyarakat yang membutuhkan. “Bantuan sosial diserahkan langsung kapolres dan Kapolsek Asemrowo Surabaya di lokasi kegiatan,” pungkasnya. (dex)

Komentar