oleh

34 Desa Dinyatakan Bersetatus Mandiri, Berdasarkan Data IDM Tahun 2021.

Lamongan, Rodainformasi.com — Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD), Khusnul Yaqin, dari 462 desa, 34 dinyatakan berstatus mandiri, 157 desa berstatus maju dan 271 berstatus berkembang. Sehingga,  status IDM naik tahun 2021 di Kabupaten Lamongan berjumlah 75 desa.

“Dari 16 desa naik menjadi 34 desa. Desa majunya juga mengalami peningkatan, sehingga mengurangi jumlah desa berkembangnya. Alhamdulillah di Lamongan sudah tidak ada desa tertinggal.” ungkapnnya saat melakukan audiensi dengan Bupati di Ruang pertemuan Pemkab lamongan pada, Senin (21/6).

Bahkan di tengah pandemi, Desa Banjarmadu mengalami kenaikan langung hingga dua level dari status berkembang menjadi mandiri.
“Dari 34 desa berstatus mandiri ini, ada satu desa yakni Desa Banjarmadu yang awalnya berstatus desa berkembang langsung nail level ke mandiri.” jelasnya.

Bupati Yuhronur mengapresiasi capaian dan meminta agar semua pihak khususnya dinas PMD tetap menstimulus daya ungkit desa.
“Dinas PMD sebagai lembaga yang sangat berperan, tentunya kita semua juga sangat berperan disini, dari kemajuan dan peningkatan itu pasti ada berbagai indikator yang bisa kita angkat untuk bisa mengungkit desa itu agar menjadi desa mandiri,” tutupnya.

Baca Juga  Beri Dukungan Moril, Kapolres Bojonegoro Serahkan BPKB Dan STNK Kepada Keluarga Kru KRI Nanggala – 402

Penilaian IDB didasarkan pada Permendesa No 2 Tahun 2016 yang terdapat tiga unsur penilaian yakni IKS (Indeks Ketahanan Sosial), IKE (Indeks Ketahanan Ekonomi) dan IKL (Indeks Ketahanan Lingkungan).(Red)
EDITOR : irawan

Komentar

Berita Rekomendasi