Cegah Perubahan Iklim, Polres Bojonegoro Kembali Tanam 2.000 Pohon

Bojonegoro, Rodainformasi.com – Polri menggalakkan kembali kegiatan penanaman pohon dalam rangka berkontribusi untuk mencegah perubahan iklim agar lingkungan lebih baik lagi dan lebih hijau.

Seperti halnya yang dilakukan Polres Bojonegoro dengan melakukan penanaman pohon di Kecamatan Bubulan Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan ini mengusung tema “ Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini “.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto, SIK melalui Wakapolres, Kompol David Manurung, SE, SIK, MH menyampaikan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pimpinan Polri dalam upaya untuk memelihara kelestarian alam dan momentum bagi seluruh anggota Polri untuk bisa berkontribusi di tengah perubahan iklim global.

Lanjutnya, Polres Bojonegoro sebelumnya sudah melaksanakan penanaman pohon tahap I pada hari Jum’at, (18/8/2023), selanjutnya untuk tahap II dilakukan penanaman pohon kembali pada hari ini Rabu, (23/8/2023). Ada 2.000 pohon serentak ditanam oleh Polres Bojonegoro bersama sama instansi terkait dan elemen masyarakat dari tingkat Polres hingga Polsek jajaran.

“Kegiatan penanaman pohon hari ini secara serentak dilaksanakan di seluruh Polsek jajaran Polres Bojonegoro dengan target 2.000 pohon. Kegiatan ini bersamaan dengan acara puncak Asean Ministerial Meeting On Trans National Crime (AMMTC) ke-17 yang berlangsung di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, yang dipimpin oleh Bapak Kapolri,” kata Wakapolres, Kompol David Manurung kepada awak media di lokasi, Rabu(23/8/2023).

Baca Juga  Wakapolda Jatim dan Kasdam V / Brawijaya Dampingi Gubernur Jatim Resmikan RS Lapangan Di Madiun.

Pihaknya menambahkan dari 2.000 pohon yang ditanam adalah jenis trembesi, jati, mahoni, kayu putih dan pohon yang berbuah. Kegiatan ini memiliki makna dan membawa pesan kebersamaan yang mendalam. Upaya kecil pada lubang tanah diisi dengan bibit pohon yang dapat memiliki dampak besar bagi lingkungan, ini merupakan satu langkah yang dapat dilakukan untuk membantu menjaga dan memperbaiki lingkungan hidup.

“Dengan dilakukan penanaman pohon sejak dini diharapkan dapat mencegah perubahan iklim yang luar biasa, sehingga lingkungan yang asri dapat kita nikmati sampai anak cucu atau generasi penerus bangsa nantinya. Apalagi kondisi perubahan iklim saat ini cukup ekstrim,” imbuh David Manurung.

Kegiatan penanaman pohon ini, tidak hanya dilakukan oleh anggota Polri, tapi bersinergi dengan instansi terkait dan unsur elemen masyarakat lainnya.

“Tentunya kami tidak sendiri, dalam hal ini Polri melibatkan semua unsur elemen masyarakat, mulai dari TNI, Pemerintah Daerah kemudian dari seluruh elemen masyarakat ikut bersama-sama menanam pohon,” pungkas David. (HMS / Red)

Komentar