Diduga Oknum Kades Dai’im Desa Gempol tukmloko Kecamatan Sarirejo Mar’up Volume Proyek Rabat Beton Dusun Dampit

Lamongan, Rodainformasi.com – Pembangunan adalah salah satu kunci kemajuan dari Pemerintah desa yang sekarang ini lagi di gencar gencarkan oleh Pemerintah pusat.

Akan tetapi pembangunan yang dikatakan atau desa maju lebih memperhatikan keterbukaan publik, seperti halnya papan nama proyek atau papan anggaran sehingga bisa diketahui oleh masyarakat secara luas, hal itu sudah ditentukan oleh Pemerintah.

Sangat miris pembangunan yang sedang berjalan di Desa Gempol tukmloko Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan seperti pantauan awak media di lapangan Kamis 22/06/2023 menemukan pembangunan rabat beton yang diduga tidak sesuai dengan spek,.

Apalagi saat di lapangan para pekerja tidak ada yang memakai APD seperti rompi,helm dan sepatu.padahal di RAP sudah jelas,Transparansi anggaran sudah menjadi keharusan dilaksanakan oleh semua pihak,apalagi proyek anggaran yang bersumber dari pemerintah. Aturan tersebut sudah jelas tertera dalam UU No. 14 Tentang Keterbukaan Informasi Publik(KIP).

Selain UU KIP, ada beberapa aturan lain yang mempertegas tentang transparansi pelaksanaan program pemerintah.

Seperti Peraturan Presiden (Perpres) nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung (Permen PU 29/2006) dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 12/PRT/M/2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan (Permen PU 12/2014).adanya informasi keterbukaan publik.

Baca Juga  Hasil Evaluasi SAKIP Pemkab Bojonegoro Meningkat, Raih Predikat Sangat Baik

Saat awak media mencoba menghubungi via tlp what’s app kepala desa sebut Dai’m sedang di Lamongan dan kami disarankan untuk menemui sore hari.
Begitu hari menjelang sore hari kami bertemu kepala desa di kantor desa.

Selaku kepala desa Daim saat di wawancarai bilang kalau bangunan JPD rabat beton sumber angaran BKKPD 100 juta tahun 2023 yang dilaksanakan di dusun Dampit diduga tidak sesuai dengan spek dan RAB, pasalnya hasil pantauan awak media di lapangan tidak ditemukan adanya pemadatan terlebih dahulu dan untuk besi dudukan tidak ada hanya langsung ditutup plastik dan di cor

Kami mohon kepada pemerintah yang sudah membuat program dan membayar pajak untuk pembangunan di sini kepada mitra kerja. Coba dilihat lagi hasil pembangunannya. Jika pembangunannya tidak sesuai, kami mohon jangan langsung disetujui begitu saja, yang rugi pemerintah juga dan rakyat karena tidak bermanfaat dengan baik,” (Tim)

Komentar