Pemkab Gelar Rapat Persiapan Awal Pembukaan PSDKU Universitas Brawijaya di Kabupaten Bojonegoro

Bojonegoro, Rodainformasi.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menggelar Rapat Persiapan Awal Pembukaan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Brawijaya di Kabupaten Bojonegoro. Rapat yang digelar di Ruang Batik Madrim, Lt II Gedung Pemkab Lama, Kamis (21/3/2024) ini termasuk verifikasi lapangan dari pihak universitas.

Terobosan ini diharapkan tak hanya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), tapi juga sentra pembangunan ekonomi sekitar.

Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto secara daring menyampaikan, langkah ini salah satu upaya meningkatkan kualitas pembangunan di Bojonegoro, baik soal SDM hingga pembangunan regional. “Kami melihat kerjasama dengan UB ini menjadi salah satu terobosan tidak hanya meningkatkan kualitas SDM tapi menjadi satu loncatan sentra pembangunan ekonomi di Kabupaten Bojonegoro,” ujarnya.

Potensi alam maupun SDM di Bojonegoro, lanjut Pj Bupati, cukup besar.  Jika bisa membangun PSDKU UB di Bojonegoro, maka bisa memperluas opsi masyarakat dalam mendapatkan pendidikan dengan kualitas yang jauh lebih baik.

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro siap mendukung terbentuknya kampus yang layak. Dengan harapan jangka panjang, UB dapat mendukung kerjasama penelitian, baik dengan kampus yang sudah ada di Bojonegoro maupun unit-unit yang melakukan penelitian. Sehingga membuka pandangan baru terhadap sektor potensial lain yang bisa dikembangkan lagi.

Baca Juga  Atasi Kekeringan, BPBD Bojonegoro Terus Salurkan Bantuan Air Bersih Ke Warga Terdampak

“Kami perlu kerja ekstra bekerjasama dengan pihak lain khususnya UB beserta lembaga penelitiannya,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Brawijaya Imam Santoso menjelaskan, hari ini melakukan persiapan berkaitan dengan pembukaan PSDKU di Bojonegoro. Dibutuhkan banyak hal dari sisi penyiapan program studi yang membutuhkan proses panjang. Karena perlu melakukan sejumlah rakor, baik di tingkat fakultas dan universitas yang berkaitan izin dari civitas academica.

Pihaknya juga menyiapkan infrastruktur, utamanya laboratorium yang sesuai. Imam Santoso menambahkan proses PSDKU membutuhkan waktu dan dukungan luar biasa dari pemerintah.

“Kami membutuhkan dukungan penuh dari Pemkab Bojonegoro utamanya terkait infrastuktur. Terkait program studi kami siap support. Mudah-mudahan proses yang sangat baik yang telah kita lakukan ini terus berlanjut dan bisa kita kawal bersama-sama,” ujarnya.

Hadir pula jajaran tim pengembangan Universitas Brawijaya, Sekretaris Daerah, Asisten, Kepala OPD, Direktur RSUD serta tamu undangan lainnya.( Bjnkab / Red)

Komentar