Kenalkan Layanan Puspaga pada Program Safari Sekolah Pembinaan Remaja Aminah.

Probolinggo,Rodainformasi.com- Program Safari Sekolah Pembinaan Remaja Aminah kembali dilaksanakan oleh TP PKK Kota Probolinggo. Giliran siswa-siswi SMAN 3 yang mendapat kesempatan, kali ini mereka juga dikenalkan dengan layanan Puspaga (Pusat Pembelajaran Keluarga). Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin dan Ketua Tim Penggerak PKK Aminah Hadi hadir pada apel Senin (19/6) pagi di lapangan sekolah setempat.

Apel pagi diawali dengan tarian pembuka yang berjudul Tari Petekang. Menceritakan tentang aktivitas masyarakat pesisir dalam upayanya melestarikan tanaman mangrove. Serta dilanjutkan dengan pembacaan bersama deklarasi Remaja Aminah (Amanah, Inovatif dan Handal) oleh seluruh peserta apel.

Dalam amanat apel, Wali Kota Habib Hadi menerangkan mengenai latar belakang dibacakannya komitmen deklarasi Remaja Aminah oleh seluruh pelajar. “Mempunyai komitmen ingin melakukan suatu upaya dan usaha dengan kehadiran Tim Penggerak PKK masuk kepada sekolahan, mudah-mudahan bisa menjadikan suatu harapan dan bisa membentuk generasi-generasi muda yang menjadi kebanggaan kita semuanya,“ terang Habib Hadi.

Tak lupa, wali kota juga menyampaikan nasihatnya kepada seluruh siswa-siswi peserta apel agar selalu menjaga diri dan berkomitmen dengan janji yang tertuang di deklarasi Remaja Aminah. “Kunci untuk bisa meraih cita-cita dan impian itu apa yang tadi dideklarasikan, kita harus bisa menjaga diri. Kita harus bisa menghindari hal-hal yang tidak baik, mengenai narkoba, pergaulan bebas dan lain-lainya yang termaktub di dalam deklarasi tadi,” ucap walikota.

Baca Juga  Bupati Bojonegoro : Jaga Integritas Dan Profesional Dalam Bertugas Sebagai PPS

Masih dalam amanatnya, Wali Kota Habib Hadi juga berpesan kepada seluruh pemangku kepentingan di dunia pendidikan, agar selalu berkolaborasi menguatkan para generasi muda Kota Probolinggo. “Para guru tetap bisa menyambung, apa kendala dan tantangannya, sehingga kehadiran pemerintah untuk membantu warganya di wilayahnya bisa menjadi suatu kolaborasi yang baik, sehingga bisa menjaga dan menguatkan dan menyelamatkan generasi-generasi muda kedepannya,” pesannya.

Dalam apel tersebut juga diumumkan apresiasi kepada pemenang berbagai lomba dan kompetisi yang diraih oleh siswa-siswi SMAN 3. Diantaranya pada Kejuaraan Tinju Amatir se-Jawa Timur Dandim Cup, merah Juara 1 kelas 60 kg, Juara 2 kelas 54 kg dan Juara 3 kelas 67 kg. Berikutnya, Juara 3 perlombaan Lempar Lembing Kejurda, Juara Harapan 3 lomba PBB (Peraturan Baris-Berbaris) tingkat provinsi serta Juara 1 Lomba Nasyid tingkat kota yang akan mewakili Kota Probolinggo pada tingkat provinsi.

Ditemui seusai apel, salah seorang siswi kelas XI Kharisma Dwi Adinda meyakini baik dirinya maupun teman-temannya mampu untuk menjalankan komitmen deklarasi Remaja Aminah. “Untungnya anak SMA 3 menghindari dari hal-hal negatif yang tertulis di deklarasi itu, saya pun juga selalu ingin mengharumkan nama baik SMA Negeri 3 dengan prestasi yang kita punya, kita akan mengusahakan sebaik mungkin,” terang siswi yang juga anggota paskibraka itu.

Baca Juga  Wakapolda Jatim dan Kasdam V / Brawijaya Dampingi Gubernur Jatim Resmikan RS Lapangan Di Madiun.

Sosialisasi Program Pembinaan Remaja Aminah

Masih di lokasi yang sama, Program Safari Sekolah berlanjut dengan sosialisasi pembinaan Remaja Aminah dengan tema Generasi Muda Berakhlak dan Berkarakter Sebagai Ujung Tombak Bangsa yang Hebat. Materi disampaikan oleh Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi serta anggota Pokja 1 TP PKK.

Dalam sambutannya, Aminah meyakini bahwa semua anak-anak terlahir hebat. Maka dari itu, dirinya meminta agar anak-anak fokus pada prestasi dan hal-hal yang bermanfaat. “Dari sekarang, untuk itu ibu mengajak kalian semuanya mulai hari ini untuk memikirkan prestasi, mengejar ilmu, mumpung dari muda kalian harus berprestasi, gunakan waktu kalian untuk hal-hal yang bermanfaat, untuk hal-hal yang positif,” pesan Aminah.

Pada kesempatan itu, Aminah juga mengenalkan fasilitas Puspaga kepada peserta sosialisasi. Yakni, Pusat Pembelajaran Keluarga, sebuah layanan konsultasi masalah keluarga yang disediakan oleh Pemerintah Kota Probolinggo. “Puspaga adalah layanan satu pintu, yang membuka jenis layanan konsultasi, layanan konseling baik untuk anak maupun keluarga, layanan penjangkauan dan layanan literasi, anak-anak, keluarga, calon keluarga, sekolah, lembaga layanan anak dan keluarga serta pemerintah daerah dapat dilayani di Puspaga ini,” terang Ketua TP PKK Kota Probolinggo itu.

Selanjutnya, program pembinaan dilanjutkan dengan materai kesehatan reproduksi remaja.(Bbng)

Komentar