Pemerintah Dorong Ciptakan Trantibumlinmas Selama Perayaan Nataru, Patroli hingga Tingkat Desa

Bojonegoro,Rodainformasi.com  – Gubernur Jawa Timur menekankan optimalisasi penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum selama perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal itu ditegaskan melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat dalam Surat Edaran (SE) terkait Optimalisasi Penyelenggaraan Trantibumlinmas Menjelang Perayaan Nataru 2024.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Provinsi Jawa Timur, Benny Sampirwanto menjelaskan, SE tersebut menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 400.6.3/6940/BAK tanggal 8 Desember 2023 tentang Peningkatan Kesiapsiagaan Pemerintah Daerah pada saat Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 Bidang Trantibumlinmas.

Dalam surat tersebut, pemerintah mengimbau beberapa hal sebagai berikut:

Memerintahkan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan atau perangkat daerah yang melaksanakan tugas dan fungsi tersebut agar melakukan upaya optimalisasi kesiapsiagaan penyelenggaraan Trantibumlinmas menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 dan berkoordinasi juga dengan aparat kepolisian dan TNI;

Melakukan pengawasan, patroli gabungan dan penjagaan secara berkala terhadap pelaksanaan Nataru di tempat-tempat yang berpotensi muncul gangguan trantibumlinmas serta memberdayakan peran Satlinmas di desa dan kelurahan dalam melaksanakan pengamanan dan ketertiban lingkungan;

Baca Juga  Peristiwa Penganiayaan  Gemparkan Warga Desa Sandingrowo Soko Tuban, Keluarga Minta Keadilan : Ada Korban.

Selanjutnya, dalam rangka menumbuhkan kembali kegiatan patroli lingkungan dengan rasa kekeluargaan, gotong-royong dan semangat Optimis Jatim Bangkit, Satpol PP Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Patroli Sijalinmajataru 2024 (Patroli SIGAP Jaga Lindungi Masyarakat Jawa Timur 2024) dan Kenduri dan Doa Bersama Tutup Tahun secara serentak di seluruh desa dan kelurahan se-Jawa Timur. Kegiatan dilakukan secara hybrid sebagai wujud rasa syukur dalam kebersamaan melewati tahun 2023 dengan baik.

Kegiatan akan dilakukan Minggu (31/12/2023) dan Senin (1/1/2024) mulai pukul 20.00 s/d selesai. Lokasi acara masih akan ditentukan kemudian. Beberapa alternatif di  Gedung Negara Grahadi, Kantor Gubernur Jawa Timur atau tempat lain yang akan ditentukan kemudian serta wilayah desa/kelurahan se Jawa Timur.

Pemerintah mengimbau agar seluruh Kepala Desa dan Lurah berpartisipasi pada kegiatan yang dimaksud dengan membentuk 1 (satu) tim patroli per desa dan kelurahan yang dapat meliputi unsur Satlinmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas, PKK dan Karang Taruna.

Selain itu, menugaskan Kepala Satpol PP untuk mendaftarkan dan mengkoordinir seluruh desa dan kelurahan yang ada di kabupaten/kota masing-masing dengan cara membagikan tautan: bit.ly/DAFTARSIJALINMAJATARU2024 kepada penanggungjawab tim tiap desa dan kelurahan.

Baca Juga  Di Temukan  Sosok Mayat Mengapung Tanpa Identitas Di Sungai Desa Kedungrejo  Modo

“Adapun Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Komunikasi den lnformatika dan para camat untuk mendukung kegiatan tersebut sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing,” tambahnya.

Sementara itu, melalui Kenduri dan Doa Bersama Tutup Tahun, pemerintah hendak mengajak semua pihak bersyukur atas nikmat dan karunia yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Sekaligus doa dan pengharapan, semoga pelaksanaan Pemilu di Jawa Timur bisa terlaksana dengan aman damai dan tertib.

Selain itu, acara Kenduri dan Doa Bersama digelar pada tanggal 31 Desember 2023 pukul 23.00 WIB yang kemudian dilanjutkan dengan pemukulan kentongan secara serentak oleh Tim Patroli Lingkungan di tiap-tiap desa dan Kelurahan se-Jawa Timur pada pukul 00.00 WIB. ( Ir)

Komentar