oleh

Proyek DD Anggaran TA  2022 Mangkrak, Di Duga Mantan PJ Kades Triwungan  Lari Dari Tanggung Jawab.

Probolinggo, Rodainformasi.com – Proyek siluman jenis saluran irigasi yang bersumber dari Dana Desa tahun Anggaran 2022, di Desa Triwungan, Kecamatan, kotaanyar, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa timur. Terlihat terbengkelai, terkesan  pembiaran di duga mantan PJ kades  As’ari (Rakuti)  mencari keuntungan pribadi untuk  memperkaya diri.  Senin ( 30/05/2022.)

Dugaan kuat Proyek Siluman Tanpa Papan Informasi abaikan UU KIP demi Anggaran Fantastik. CV atau PT dalam pelaksanaan Kegiatan Pemerintah dari tingkat dusun hingga Kabupaten sampai pusat wajib dan harus patuh aturan sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai oleh negara wajib memasang papan nama proyek.

Menurut salah seorang perwakilan warga Desa Triwungan yang  berinisial (BM) mengatakan bahwa mantan Pj. Kades  Triwungan,  As’ari (Rakuti)   terkesan lari dari tanggung jawab,  Pasalnya,  proyek yang di kerjakan pada tahun ini 2022 awal sampai detik ini belum terselesaikan , akibatnya sebagian besar masyarakat petani mengeluh karena aliran air tidak lagi normal

Baca Juga  FKBN Korda Lamongan Gelar Sharing Penanaman Kesadaran Bela Negara, Upaya Menyempurnakan Sistem Pertahanan Negara

Dan apabila dalam waktu dekat ini mantan PJ Kades, tidak mengerjakan dan atau menyelesaikan proyek yang dimaksud, maka kami bersama masyarakat akan melakukan aksi Demo  ke kantor kecamatan  Kotaanyar, Dinas PMD, dan Inspektorat,  karena  perbuatan mantan  PJ kades ini jelas ada unsur pembiaran dan tindak kesengajaan  yang  diduga dapat  merugikan keuangan negara, ‘Jelasnya.

Sebagai masyarakat saya kecewa kepada Pemerintah terkait di Kabupaten probolinggo, utamanya PLT BUPATI Probolinggo, ini terkesan ada pembiaran terhadap oknum mantan pj kades, karena mi  tidak adanya kontrol, terkait penggunaan  anggaran  tahun  2022, sehingga PJ kades Triwungan menyisahkan  proyek pembangunan alias tidak diselesaikan.tutupnya kepada media Rodainformasi.

Sesaat Tim  IWP  mendatangi kantor kecamatan kotaanyar untuk klarifikasi adanya temuan di beberapa desa di wilayah kecamatan kotaanyar namun camat Febri M.Si. tidak ada di kantor dan  hanya ditemui   “Hariyanto, sebagai Kasubag umum.

Saat di wawancarai, tim media dari IWP mengatakan,  kami tidak bisa menjawabnya, namun kami akan menyampaikan apa yang menjadi keinginan teman teman kepada camat Febri. Jelasnya

Baca Juga  Percepat Program Vaksinasi, Polres Gresik Sasar Santri di Manyar

Pada kesempatan berbeda  media Kompasnusa.com mendatangi kantor Desa Triwungan untuk menemui kepala Desa Triwungan, Jamaluddin Joni.dirinya menjelaskan, benar, mantan Pj kades belum menyelesaikan proyek tersebut hingga saat ini, dan  belum serah terima kepada saya, karena proyeknya belum di selesaikan oleh mantan  Pj kades.”Ungkap kepala desa Triwungan  yang sudah menjabat tiga priode ini kepada media Rodainformasi.

Agar berita ini berimbang dan akurat media mencoba menemui pj kades Triwungan dikantornya, namun media tidak berhasil  menemuinya, pihak media mencoba menghubungi  melalui sambungan telepon seluler, namun  mantan Pj Kepala Desa Triwungan tidak merespon. sampai berita ini diterbitkan belum ada jawaban dari mantan PJ Kades.
(Irwan/Hery )

Komentar

Berita Rekomendasi