Sinergi Proyek Strategis Nasional SUTET 500 kV Paiton-Watudodol, PLN Gandeng Taman Nasional Baluran

Surabaya || Rodainformasi – 25 Agustus 2023. PT PLN (Persero) melalui unitnya PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (PLN UIP JBTB) sedang kebut percepatan persiapan pembangunan jaringan listrik bertegangan ekstra tinggi 500 kilovolt (kV) SUTET 500 kV Paiton-Kalipuro yang masuk dalam rangkaian pembangunan transmisi Java Bali Connection (JBC) 500 kV, yang nantinya akan menghubungkan Pulau Jawa dan Bali.

Bertempat di kantor PLN UIP JBTB pada 24-25 Agustus 2023, sinergi antara PLN dan Taman Nasional Baluran kembali diadakan. Audiensi demi perkuatan sinergitas guna persiapan pembangunan SUTET 500 kV Paiton-Watudodol diadakan. Dalam pertemuan ini turut dibahas mengenai evaluasi serta monitoring Rencana Pelaksanaan Program dan Rencana Kerja Tahunan yang merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama yang dilaksanakan November tahun 2021.

Melalui Perjanjian Kerja Sama menjadi langkah nyata dukungan Taman Nasional Baluran terhadap Pelaksanaan Program Pemerintah yakni Pembangunan Proyek Strategis Nasional. Java Bali Connection ditargetkan akan beroperasi di tahun 2025 ini, memiliki nilai investasi sebesar Rp 8,5 triliun. Proyek Strategis Nasional ini merupakan Program Pemerintah Pusat yang dilakukan untuk memitigasi peningkatan Kebutuhan kelistrikan yang diproyeksikan meningkat akibat pertumbuhan ekonomi positif dengan pertumbuhan sektor pariwisata dan perekonomian industrial kebutuhan listrik serta peningkatan pelayanan kelistrikan.

Baca Juga  Raih 8 Penghargaan di tingkat Asia Pasifik, Contact Center PLN Lanjut Ke Level Global

Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV Paiton-Watudodol merupakan salah satu infrastruktur yang akan dibangun dalam rangkaian JBC 500 kV, dimana dari total keseluruhan 329 tower JBC yang membentang dari Jawa ke Bali, 49 tower berada di lokasi Taman Nasional Baluran.

Ditemui dalam sosialisasi, Kepala Taman Nasional Baluran, Dr. Johan Setiawan, S.Hut., M.Sc. menerangkan bahwa Taman Nasional Baluran mendukung Program Pemerintah Pusat terkait Proyek Strategis Nasional. Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada PLN atas usahanya dalam peningkatan keandalan kelistrikan di Pulau Jawa dan Bali.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (UIP JBTB), Anang Yahmadi menjelaskan Proses Pembangunan Java Bali Connection (JBC) 500 kV sedang kami kebut untuk diselesaikan. Perjanjian Kerja Sama ini merupakan langkah strategis yang diambil untuk perkuatan sinergitas dalam rangka pembangunan SUTET 500 kV Paiton-Watudodol. PLN optimis dengan adanya Perjanjian Kerja Sama yang telah ditandatangani menjadi dasar untuk setiap langkah sinergi yang dilakukan.

Baca Juga  Sambut Puncak Acara Presidensi G20, Wapres Ma'ruf Amin Tinjau Kesiapan SPKLU PLN

Anang menambahkan untuk bisa melakukan pembangunan tepat waktu tentunya dibutuhkan dukungan dan sinergi dengan stakeholder terkait. Anang juga menambahkan bahwa dalam setiap tahapan pengerjaan mulai dari perencanaan hingga sekarang di proses prakonstruksi semuanya dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku. (Soem)

Komentar