30 Pejabat Eselon III Pemkab Bojonegoro Ikuti PKA, Bupati Anna Tegaskan Pentingnya IT  

Bojonegoro, Rodainformasi.com – Sebanyak 30 pejabat struktural eselon III di lingkup Pemkab Bojonegoro mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan XVI, Jumat (8/9/2023). Kegiatan ini merupakan pola kemitraan dengan Provinsi Jawa Timur tahun 2023 dan Pemkab Bojonegoro.

Pelatihan bertempat di Pusdiklat Smart Technology Building Dusun Kedungrejo Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander. Pelatihan diselenggarakan mulai tanggal 8 September sampai dengan 20 Desember 2023.

Dalam sambutanya, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bojonegoro, selaku panitia penyelenggara, Muchamad Aan Syahbana menyampaikan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan XVI ini dalam rangka membentuk sosok kepemimpinan PNS, khususnya pejabat struktural eselon III (Pejabat Administrator). Mereka adalah aparatur negara yang mempunyai kemampuan dalam melaksanakan tugas pengabdian dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

“Untuk itu diperlukan upaya pembinaan secara berkelanjutan melalui pendidikan dan pelatihan dalam jabatan (in service training) guna memenuhi kompetensi dalam jabatannya,” tuturnya.

Lebih lanjut, Aan Syahbana menjelaskan tujuan yang hendak dicapai dalam pelatihan ini diantaranya untuk meningkatkan kompetensi dalam jabatan. Yakni kemampuan dan karakteristik yang dimiliki PNS berupa pengetahuan, keahlian, ketrampilan dan sikap perilaku. Nantinya dapat melaksanakan tugas jabatan eselon III (Pejabat Administrator) secara profesional.

Baca Juga  Berikan Pelatihan Kemandirian Pembuatan Sabun Cuci Bagi WBP, Lapas Lamongan Lakukan MoU Dengan Disnakertrans Kabupaten Lamongan

Selain itu, lanjut dia, pelatihan juga mampu memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada peningkatan pelayanan sesuai tingkat kepuasan masyarakat, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat. Juga menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya tata pemerintahan yang baik.

“Peserta saat ini sebanyak 30 orang pejabat struktural eselon III diantaranya 22 orang Laki-laki dan 8 orang perempuan. Berdasarkan latar belakang pendidikannya S3 ada 1 orang, S2 ada 12 orang, S1/D4 sebanyak 17 orang. Dan berdasarkan pangkat / golongan IV/b ada 1 orang, IV/a ada 12 orang, III/d ada 11 orang dan III/c ada 6 orang,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dalam sambutannya menyampaikan terkait pentingnya Artificial Intelligence (AI), chatGPT dan penguasaan teknologi informasi (TI). Karena hal tersebut penting dan perlu dikuasai oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sebab PNS jumlahnya terus semakin berkurang tiap bulan, ada yang pensiun dan tidak ada penambahan PNS.

“Pengadaan PNS tidak tiap tahun, namun tiap tahun pasti ada yang pensiun. Sehingga perlu didukung IT (Information Technology) dan otomatisasi guna mendukung penyelenggaran pemerintahan dan pembangunan,” tegasnya.( Ir/red)

Baca Juga  Pemkab Bojonegoro Teken NPHD untuk Pendanaan Pilkada 2024, Dorong Peningkatan Demokrasi

 

Komentar