Bentuk Mental dan Karakter Tangguh, Babinsa Koramil Sumberrejo Bojonegoro berikan Penguatan Bela Negara Puluhan Pelajar

Bojonegoro,Rodainformasi.com – Sebagai upaya membentuk, dan meningkatkan mental karakter generasi muda yang tangguh, disiplin serta memupuk jiwa nasionalisme, Babinsa jajaran Koramil 09/Sumberrejo Kodim 0813 Bojonegoro memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan pelatihan dasar Peraturan Baris-Berbaris (PBB) kepada 95 pelajar SMK Sabilul Muttaqin Desa Margoagung Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro, Selasa (31/10/2023).

Koordinator kegiatan, Pelda Yepri Irawan, mengatakan, membentuk kedisiplinan dan karakter generasi muda penerus bangsa sudah menjadi tugas dan tanggungjawab dari semua pihak, yakni mulai ditanamkan dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar tempat tinggal.

Selain itu, kegiatan tersebut merupakan salah satu metode dalam Pembinaan Teritorial (Binter) bagi Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) terhadap generasi muda yang berada diwilayah binaan. “Hal ini sudah menjadi tugas kami selaku TNI untuk membentuk disiplin dan karakter terhadap generasi muda khususnya para pelajar sejak dini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga mengajak para
siswa-siswi agar tetap waspada dan selalu mempunyai jiwa patriotisme demi menjaga tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan cara rajin belajar, karena para pelajar ini merupakan tulang punggung dan generasi penerus bangsa.

Baca Juga  Kalemdiklat Polri Berikan Pengarahan Sesuai SOP Penanganan Bencana di Lumajang

“Adik-adik harus belajar lebih giat untuk mencapai prestasi setinggi-tingginya, menjauhi segala bentuk tindakan negatif seperti pergaulan bebas, tawuran, miras dan narkoba, serta berbuat yang terbaik bagi diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara,” pesan Pelda Yepri Irawan.

Disampaikan juga, bahwa sebagai warga negara harus tahu sejarah yang benar tentang perjuangan bangsa Indonesia, punya rasa cinta tanah air, jiwa patriotisme, menghargai perbedaan budaya, adat istiadat, termasuk menghargai perbedaan agama. “Sebagai insan yang berpendidikan, di harapkan para siswa bisa menjadi contoh bagi masyarakat,” tambahnya.

Kepala SMK Sabilul Muttaqin, Agus Sugianto, S.Pd., mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Babinsa Koramil 09/Sumberrejo Kodim 0813 Bojonegoro yang menyelenggaran kegiatan bertajuk penguatan bela negara bagi generasi muda. Menurutnya, pembekalan penguatan bela negara tersebut sangat perlu untuk membentuk generasi penerus agar memiliki akhlak yang mulia sebagai dasar hidup bermasyarakat dan bernegara.

“Kegiatan penguatan bela negara ini sangat bermanfaat untuk melatih daya konsentrasi, mendorong semangat belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh serta belajar untuk diam dan mengatur emosi. Semoga dengan kehadiran bapak Babinsa dari Koramil 0813-09/Sumberrejo dapat membantu kami untuk mendidik murid sekolah yang bermental, berkarakter tangguh serta mempunyai disiplin yang tinggi guna mendukung proses belajar mengajar,” pungkasnya.( Pendim 0813/red)

Baca Juga  Mobilnya Kembali, Korban Penipuan Berterimakasih kepada Polresta Mojokerto

Komentar