Kapolres Probolinggo Kota Cek Dan Resmikan Palang Pintu Perlintasan Rel KA Swadaya Masyarakat Di Desa Banjarsari

Probolinggo,Rodainformasi.com – Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Wadi Sa’bani S.H. S.I.K., mendatangi Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo pada Selasa (30/05/2023) pagi. Dalam kunjungannya, Kapolres melakukan pengecekan dan peresmian palang rel kereta api swadaya yang dibangun oleh warga masyarakat setempat, sebagai tindakan antisipatif setelah terjadinya kecelakaan tragis yang mengakibatkan korban jiwa di perlintasan yang tidak memiliki palang.

“Palang rel kereta api ini merupakan hasil kerja sama antara masyarakat dan pemerintah desa yang berkomitmen untuk menjaga keamanan dan keselamatan di wilayah mereka.” Terang Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani

Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Wadi Sa’bani S.H. S.I.K., juga menegaskan bahwa tujuan utama dari pembangunan palang rel ini adalah untuk menekan angka kecelakaan yang disebabkan oleh warga yang nekat menerobos perlintasan kereta api tanpa adanya palang sebagai tanda pengaman.

Dalam pernyataannya, Kapolres mengungkapkan keprihatinannya terhadap kecelakaan yang telah terjadi di masa lalu dan berkomitmen untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali. Ia menyadari pentingnya kesadaran dan kepatuhan warga terhadap aturan keselamatan di perlintasan kereta api.

Baca Juga  Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah, Kembali Sidak di Pasar Lama Pastikan Kondisi Pasar Bersih dan Tertata

“Kepolisian bersama masyarakat harus bergerak secara sinergi guna mengantisipasi agar kejadian kecelakaan tidak terulang lagi. Nanti akan kita pasang jadwal jam – jam dimana kereta akan melintas. Dan kita juga berharao, apabila palang sudah ditutup, warga agar berhenti sejenak dan menunggu hingga kereta lewat.” Kata Kapolres.

Kapolres Probolinggo Kota juga menekankan pentingnya peran serta aktif masyarakat dalam menjaga palang rel ini agar selalu terawat dengan baik. Ia mengajak seluruh warga Desa Banjarsari untuk menjadikan palang rel tersebut sebagai simbol kesadaran kolektif dan tanggung jawab bersama dalam memastikan keamanan di perlintasan kereta api.

Dalam acara peresmian, Kapolres Probolinggo Kota berterima kasih kepada masyarakat dan pemerintah desa atas dedikasi dan partisipasinya dalam membangun palang rel tersebut. Ia juga mengapresiasi semangat gotong royong yang telah diperlihatkan oleh warga masyarakat Desa Banjarsari, yang telah mengambil inisiatif untuk memperbaiki kondisi yang ada demi keselamatan bersama.

“Keberhasilan inisiatif swadaya masyarakat dan pemerintah desa dalam membangun palang rel kereta api di Desa Banjarsari menjadi contoh inspiratif bagi daerah lain. Kebersamaan dan kepedulian yang ditunjukkan oleh warga masyarakat dan aparat keamanan di Probolinggo Kota diharapkan dapat menjadi dorongan bagi masyarakat lainnya untuk turut berpartisipasi dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman.” Ungkap Kapolres.

Baca Juga  Harkamtibmas, Kapolres Bojonegoro Ajak Netizen Cegah Hoaks Pada Pemilu 2024

Dengan adanya palang rel kereta api swadaya ini, diharapkan bahwa kecelakaan yang melibatkan warga yang nekat menerobos perlintasan kereta api tanpa palang dapat diminimalisir. Semoga upaya ini menjadi langkah awal yang berarti dalam menciptakan kesadaran keselamatan di masyarakat dan menghindari terulangnya tragedi kecelakaan di masa mendatang.(Bbng)

Komentar