Pemkab Bojonegoro Resmikan Pasar Desa Purwoasri

Bojonegoro,Rodainformasi.com  – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro meresmikan pasar yang dikelola BUMDes Desa Purwoasri, Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (25/2/2024).

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bojonegoro Sukaemi mewakili PJ Bupati Bojonegoro, Camat Suksewu Muhammad Kholil, SE., MM, Danramil, Kapolsek, Kepala Desa se-kecamatan Suksewu, tokoh masyarakat dan para pedagang pasar.

Peresmian ditandai pengguntingan pita, oleh Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bojonegoro Sukaemi, mewakili PJ Bupati Bojonegoro, serta pelepasan balon ke udara dan penanaman pohon pule di depan pasar.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Purwoasri, Imam Muhajir menyampaikan, Bahwa di bangunnya pasar ini merupakan impian, karena yang sebelumya pasar ini kumuh kini menjadi bersih dan rapi.

“Pasar ini merupakan impian kita dan masyarakat, sebelumnya pasarnya kumuh, tiba – tiba jadi seperti ini. Mari rawat pasar ini, karena membangun lebih mudah daripada merawat,” ungkapnya.

Pasar Dusun Sukorame ini akan dikelola oleh BUMDes. Maka dari itu, Bumdes di harapkan dapat mengelola, merawat dan mengatur, pasar ini dengan sebaik – baiknya.

Baca Juga  Lapas Lamongan Jadi Pilot Project  Pengendalian Perubahan Iklim

“Kalau minta kios jangan ke Kepala Desa, namun nanti minta kepada BUMDES, yang belum dapat bisa merapat. Terima kasih kepada semua pihak, perjuangan mengajukan proposal sejak tahun 2015 akhirnya hari ini terwujud,” terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bojonegoro Sukaemi dalam sambutannya menyarakan, BUMDES untuk belajar administrasi pengelolaan pasar melalui pelatihan dan lainnya, sehingga nantinya pasar bisa ramai dan berkembang.

“BUMDES ketika ada amanah harus dilaksanakan dengan baik, pasar itu kalau dikelola dengan cantik dan baik, insyaallah akan ramai, nanti juga bisa mengundang Dinas Perdagangan untuk belajar administrasi dan lainnya,” ucapnya

Dalam kesempatan tersebut, Sukaemi juga menyampaikan pesan dari PJ Bupati Bojonegoro Andriyanto yang berhalangan hadir dalam pelaksanaan peresmian pasar Sukorame ini.

Pesannya, PJ Bupati Berharap, dengan diresmikan pasar Sukorame di Desa Purwoasri ini, laju ekonomi yang ada di Kecamatan Sukosewu dan sekitarnya harus lebih baik dari sebelumya, sehingga dapat menekan inflasi.

“Sekali lagi, sukses untuk Kades, Perangkat, BUMDES dan Perangkat Desa, jaga harmonisasi jangan sampai ada konflik, karena tujuannya baik jangan sampai di buat tidak baik,” pungkas Sukaemi.

Baca Juga  Deteksi Dini Virus HIV/AIDS, Lapas Lamongan Gelar skrining dan penyuluhan HIV bagi WBP

Dikonfirmasi, Camat Sukosewu Muhammad Kholil, SE., MM mengatakan, setelah diresmikannya pasar Desa di Dusun Sukorame, Desa Purwoasri, Kecamatan Sukosewu, agar dimanfaatkan sebaik baiknya untuk meningkatkan perekonomian warga Desa Purwoasri khususnya dan Wilayah Kecamatan Sukosewu pada umumnya.

“Selanjutnya pihak Pemdes dan BPD diharapkan progres serta evaluasi terus dalam pengelolaan BUMDES, agar meningkatkan PAD Desa purwoasri. Tugas pengelolanya BUMDES adalah meliputi retribusi kios parkir dan toilet serta penanganan sampah baik yang organik maupun non organik,” jelasnya.

Untuk di ketahui, Anggaran pembangunan pasar ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro, melalui Program Khusus Khas Desa (BKKD) Tahun 2023 sebesar 1,9 Milyar lebih. (

Bjnkab / Red)

Komentar