Polres Bojonegoro Gelar Simulasi Pengamanan TPS Pemilu 2024

Bojonegoro, Rodainformasi.com – Polres Bojonegoro menggelar simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memberikan gambaran kepada personel yang akan bertugas pada Pemilu tahun 2024.

Dalam simulasi ini diikuti seluruh perangkat di TPS yakni para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), para saksi, TNI-Polri, Linmas, perwakilan dari KPU serta Bawaslu.

Disela-sela kegiatan Kapolres Bojonegoro, AKBP Mario Prahatinto, SH, SIK, M.Si bersama jajaran Forkopimda melihat secara langsung jalannya simulasi pengamanan TPS.

Terpisah, Kabag Ops, Kompol Budi Santoso mengatakan simulasi ini mencakup skenario-skenario potensial, termasuk langkah-langkah persuasif dalam mengatasi permasalahan saat tanggal 14 Februari nanti.

“Jadi simulasi ini kita laksanakan untuk melihat bagaimana tindakan yang diambil oleh anggota yang bertugas di pengamanan TPS karena dalam simulasi ini kami siapkan beberapa skrenario yang pontensial apa bila terjadi. Simulasi adalah gambaran dimana personel yang melaksanakan pengamanan TPS tetap bekerja sesuai dengan aturan yang ditentukan,” jelas Kabag Ops, Kompol Budi Santoso kepada awak media ini, Kamis(8/2/2024).

Baca Juga  Sambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H, Kodim 0812 Lamongan Gelar Doa Bersama

Lanjut Kabag Ops, personel yang terlibat pengamanan di sejumlah TPS benar-benar memahami tugas dan tindakan apa yang mereka lakukan. Jika terjadi potensi gangguan Kamtibmas atau permasalahan, harapannya personel sudah mampu mengatasinya,” ucapnya

Ia menambahkan, simulasi pengamanan TPS ini menjadi bagian dari persiapan intensif Polres Bojonegoro dalam menjaga keamanan dan kelancaran jalannya Pemilu tahun 2024.

Dengan adanya koordinasi aparat gabungan, harapanya masyarakat dapat berpartisipasi dalam pesta demokrasi dengan aman, lancar dan damai. (*)

Komentar