Ponpes Zainul Hasan Genggong Gelar Festival Musik Pengantar Sahur 2023.

Probolinggo, Rodainformasi.com – Ramadan 1444 H kali ini, Pesantren Zainul Hasan Genggong kembali menggelar Festival Musik Pengantar Sahur (MPS) setelah beberapa tahun sempat vakum. Seni musik yang identik sebagai tradisi membangunkan orang ketika waktu sahur itu. Ada 60 peserta tim patrol yang turut memeriahkan pagelaran budaya yang digelar di bulan Ramadan 2023 ini.

Festival yang dihelat pada malam ke-8 bulan Ramadan itu dimulai dari halaman Pabrik Gula Pajarakan, dan finish di halaman P5 Ponpes Genggong, Rabu (29/3/23).

Festival Musik Pengantar Sahur tersebut dibuka langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah. Pertunjukan awal dimeriahkan oleh Kereta Kesenian Sekar Tanjung. Kemudian disusul oleh sejumlah peserta patrol lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan festival tersebut pengasuh pondok pesantren Zainul Hasan Genggong KH. Moh Hasan Mutawakkil All Allah, Gus Moh. Haris Damanhuri, Jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo.

Pengasuh Ponpes Zainul Hasan Genggong, Gus Moh. Haris Damanhuri mengatakan, setelah vakum sekian lama akhirnya bisa digelar kembali pada Ramadan 2023. Pagelaran ini dihelat untuk memperingati haul HJ. Himami Hafsawati,”ucapnya Gus Haris

Baca Juga  Melalui Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika, Koramil Kalitidu Bojonegoro bentuk Generasi Muda Berkarakter Tangguh

Setelah kegiatan Musik Pengantar Sahur pertama sukses, Ponpes Genggong kemudian menggandeng Pemerintah Kabupaten Probolinggo di pelaksanaan tahun-tahun berikutnya. Bahkan, Musik Pengantar Sahur akan menjadi acara khas Kabupaten Probolinggo.

Festival Musik Pengantar Sahur bertujuan mengingat kembali sejarah, menggali kreatifitas dan potensi anak muda di Kabupaten Probolinggo tentang tradisi musik patrol, agar supaya musik tradisional ini terjaga dengan baik kelestariannya,” kata Gus Haris.

“Ini adalah ciri khasnya kebudayaan Kabupaten Probolinggo. Festival Musik Pengantar Sahur yang diselenggarakan malam ini tentu memiliki makna yang sangat penting dari tradisi dan budaya yang kita miliki dan kegiatan ini hasilnya sangat positif bisa menumbuhkan kembangkan kreativitas anak – anak muda,”ujarnya Gus Haris

Tak hanya unjuk kebolehan dalam memainkan musik patrol di bulan Ramadan 2023, Peserta Festival Musik Pengantar Sahur juga akan memperebutkan banyak hadiah menarik. Dengan hadiah utama yang disiapkan Ponpes Genggong yakni satu unit sepeda motor,” pungkasnya Gus Haris.(Bbng)

Komentar