Semarak Maulid Nabi, Warga  Desa Karang Lamongan, Hadirkan Gus Muwafiq

Lamongan, Rodainformasi.com – Warga Desa Karang Kecamatan Sekaran,yang tergabung dalam remaja masjid, mengadakan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Robi’ul Awwal 1445 H, bertempat di Desa Karang, Kecamatan  Sekaran, Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kamis ( 28/09/ 2023).

Rangkaian acara Maulid Nabi di isi dengan bacaan Ayat suci Al Qur’an,ketua Takmir masjid, Ketua K3 Desa Karang  Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan .

Demikian halnya ceramah Gus Muwafiq, semua jamaah terkesima dengan  ajakan selalu mengikuti ajaran Nabi Muhammad, SAW.

Panitia  Maulid yang terdiri dari Remaja  masjid,Para perantauan asal desa karang yang tergabung dalam paguyuban K3,Indonesia) dari segi pendanaanya.

Menurut KH Nur Sholeh Ketua  Takmir Masjid Nurul Huda mengatakan ,”Alhamdulillah acara bisa terselenggara atas kerjasama panitia dan K3 perantauan di seluruh Nusantara.

“Kerjasama antara pemuda dalam desa maupun luar desa kekompakan bisa terselenggara acara ini kita iringan doa  bisa sukses rejekinya.

Semoga harapan guyub rukun itu  menandakan terlaksana,”semboyan guyub rukun rawe rawe malang malang  puntung “,berkah maulid nabi semoga menjadi terlaksana,”dan  para perantauan di mana saja berada selalu mendapatkan bimbingan dari Allah  SWT, ” ujarnya

Selanjutnya  sambutan dari perwakilan sekaligus Ketua K3 Nur Fauzi mengatakan,”Alhamdulillah berkat Rahmat Allah SWT, kita bisa berkumpul di desa ini.kita ucapkan kepada para donatur semoga di limpahkan rejekinya.kami berharap dengan kekompakan, kedepannya  guyub rukun akan lebih solid,” kata Nur Fauzi.

Baca Juga  Wabup Sisir Proyek Komitmen Jaga Kualitas Pembangunan Bojonegoro

Senada apa yang diungkapkan oleh Gus muafiq di acara  pengajian mengatakan,”Maulid yang asli sing penting makan, pengajian model baru pidato.zaman Sayyid Salahuddin Al Ayubi panglima perang terakhir di lembah palestina.bagaimana biar semangat para prajurit biar tahu sejarah nabi di peringati pidato pertama Maulid nabi.perang di menangkan oleh kaum muslimin.

“Hari Senin adalah puasa zaman nabi di peringati pada waktu itu para sahabat setiap nabi berpuasa, para sahabat membawa makanan untuk di hidangkan ke nabi Muhammad bergantian menghidangkan masakan untuk berbuka puasa,dibalik itu ada cerita menunggu doa nabi berkah dan barokah .

Bila makanan lebih dibawa pulang dan sudah barokah di namakan berkat itu sejarah asal muasal nya doa barokah.mungkin ada yang bertanya apa bisa makanan di sebut barokah.sudah ada di doa setelah makanan di doakan.barangnya sama tapi status makanan setelah di doakan menjadi lain,” ujarnya.

” Orang dulu sangat pandai selalu memberikan makanan masak yang enak agar bisa barokah.tabaruk menjadi barokah.kita harus faham makan an itu membentuk karakter kejiwaan.dari mana makanan bisa membawa doa.bila ada anak yang bebel kasih makan sambil didoakan.

Baca Juga  Sat Reskrim Polres Bojonegoro Berhasil Amankan Pelaku Penganiayaan

Makanan tabaruk bila dimakan menjadi daging berkah.para pengusaha makanan begitu merantau banyak yang sukses . utamakan membuat makanan yang di sediakan yang di sukai anak anak,mohon para pengusaha sekarang di mulai memberikan makan untuk barokah warga desa di peringkat an warga desa .saya sudah mulai mengadakan maulid di Yogyakarta saya sediakan makanan untuk warga .kyai saja bisa makanan para pengusaha tak mampu.
Buat apa banyak uang bila yang pegang anak muda ,yang di simpan untuk masa tua nanti tuanya tidak dapat merasakan nikmat.ibarat kata kata maulidan identik dengan ketan dan  selalu ramai di acara maulid nabi.berkah barokah makanan dari perayaan maulid nabi.

Dulu zaman di Saudi Arabia tidak dilaksanakan karena teringat sejarah cucu nabi larangan tidak dilaksanakan karena politik tidak bealifiasi dengan arab Saudi masih banyak yang mengadakan maulid nabi.

Hikmah maulid bisa di lakukan dengan kegiatan sosial nabi dengan memberikan sesuatu yang bermanfaat buat umat.kita harus mencontoh segala sesuatu kegiatan nabi.sifat nabi anitum kharisum Alaikum,sesama satu iman harus kasih sayang itu yang perlu di contoh.

Para kyai mencontoh nabi bagian dari memberikan peninggalan untuk  keimanan.,” Ungkapnya ( Red)

Komentar