UMKM Binaan Kodim 0812/Lamongan Ikuti TNI AD Fair di Jakarta

Lamongan,Rodainformasi.com – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-78, Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad) akan menggelar TNI AD Fair 2023 pada 25-27 September 2023 di Parkir Timur dan Tenggara Monas, Jakarta.

Acara TNI AD Fair 2023 meliputi Dapur Lapangan TNI AD, Pameran Alutsista TNI AD, Bazar UMKM/Matra/Klub, Donor darah, Bakes, Rumkitlap, dan Panggung hiburan TNI AD. TNI AD Fair 2023 dibuka untuk masyarakat umum pada pukul 08.00-22.00 WIB. Dan, Panitia TNI AD Fair 2023 menyediakan makan siang di dapur lapangan TNI AD bagi pengunjung masyarakat sipil.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman bersama jajaran menegaskan bahwa acara ini bertujuan untuk memperkenalkan karya karya yang telah diciptakan oleh insan Militer khususnya TNI Angkatan Darat.

“Pemerintah tengah mengupayakan substitusi produk impor untuk mengatasi krisis pangan, terutama pada sektor impor gandum. Untuk itu, Presiden Joko Widodo mengajak untuk menanam sorgum sebagai pengganti gandum. Beberapa langkahpun kita ambil sebagai bagian dari warga negara. Salah satunya adalah masalah peningkatan UMKM, baik dari seluruh anggota TNI maupun Persit yang ada. Termasuk warga yang ada di sekitar dengan memanfaatkan para pengusaha di sekitarnya,” kata Jenderal Dudung di lokasi saat pembukaan pada hari senin kemarin, Selasa (26/09/2023).

Baca Juga  Danramil 0820/24 Tiris Pantau Langsung Pengambilan Penetapan Nomor Urut Cakades Desa Segaran Kecamatan Tiris Probolinggo

Dalam hal ini Kodim 0812/Lamongan melalui anggota Persit Ny Musnan istri dari anggota Kodim 0812 Lamongan Sertu Musnan melalui Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) miliknya untuk melakukan promosi dan pemasaran produk pada kegiatan TNI AD Fair dan Workshop yang diselenggarakan oleh Mabesad.

UMKM binaan Kodim 0812/Lamongan yang mengikuti pameran diantaranya, “Olahan Sorgum” Olahan sorgum berbahan dasar sorgum dengan subtitusi tepung gluten free lain seperti tepung jengkerut, tepung porang, tepung beras, tepung singkong. Dan benar2 bebas dari tepung terigu. Ini sangat berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi lokal, karena selama ini Indonesia belum bisa memproduksi tepung terigu sendiri sebab bahan dasarnya gandum adalah produk impor.

Produk yg d hasilkan dari olehan sorgum ini adalah Beras, Tepung sorgum, Sus kering, Rengginang
,Sorgum kribo, Kecap, Aren jenang, Krupuk pedas manis, Krupuk bawang, Roti tawar, Sirup Sorgum, Mie kering, Mie instan goreng, Tepung roti tawar, Tape, Tempe, Abon mujair.

Dalam hal ini, Komandan Kodim 0812/Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., mengatakan bahwa dirinya bangga karena salah satu UMKM binaan Kodim 0812/Lamongan ikut berpartisipasi dalam event Nasional TNI AD Fair yang diselenggarakan oleh Mabesad.

Baca Juga  Tuban Masuk PPKM Level 3, Mas Bupati Buka Kegiatan Ekonomi.

“Kami berharap, kreatifitas yang dilakukan oleh anggota Kodim 0812/Lamongan ini mampu meningkatkan perekonomian keluarga dan bisa menjadi contoh bagi kita semua agar lebih kreatif lagi. Karena memang dengan meningkatkan UMKM ini, akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat” ujar Dandim.

Pada kesempatan ini juga, Komandan kodim 0812/Lamongan di tempat terpisah menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komunikasi sosial antara TNI AD dgn para pelaku UMKM sebagai salah satu komponen bangsa. Diharapkan melalui kegiatan ini,TNI AD dapat berpartisipasi membantu pemerintah dlm memberdayakan UMKM sebagai salah satu penopang utama perekonomian Indonesia. Inilah merupakan upaya nyata TNI AD bersama stakeholder lainnya dlm membantu Pemerintah mewujudkan kesejahteraan masyarakat.( Pendim 0812/Red)

Komentar