Warga Apresiasi Gerak Cepat Tim Damkarat Bojonegoro Atasi Kebakaran Tiga Rumah

Bojonegoro, Rodainformasi.com – Warga memberi apresiasi tim Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Bojonegoro yang cepat datang melakukan pemadaman kebakaran rumah di Dusun Wengker RT 11 RW 05 Desa Tanggir Kecamatan Malo, Kamis (10/8/2023) malam. Dalam kejadian ini, sebanyak tiga rumah warga terdampak kebakaran.

Kepala Desa Tanggir, Wiwik Murtiningsih, mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada pihak yang terlibat khususnya anggota tim Damkarmat. Sejumlah personil Damkarmat langsung merespon ketika menerima laporan sehingga warga dapat menyelamatkan barang berharga yang masih dapat diselamatkan.

“Alhamdulillah tim Damkarmat gerak cepat dan tanggap dalam menangani kebakaran. Begitu ada laporan langsung meluncur ke lokasi,” ungkap Wiwik.

Sementara itu, Kepala Dinas Damkarmat Bojonegoro, Ahmad Gunawan, menjelaskan kebakaran terjadi akibat korsleting listrik dan kompor yang ditinggalkan dalam keadaan masih menyala. Kebakaran diperkiraan terjadi pada pukul 20.40 WIB.

Setelah menerima laporan pukul 21.15 WIB, Dinas Damkarmat Bojonegoro Pos Padangan langsung gerak cepat menuju lokasi. Yakni dengan menerjunkan sebanyak 2 unit armada dari Pos Padangan dan 2 unit armada dari Pos Kota dengan 12 personil.

Baca Juga  Kulineran di Den Ayu Cepluk Kedungbondo Bojonegoro, Mencicipi Sate hingga Gule Kepala Kambing 

“Penanganan pemadaman api dilakukan dengan 2 unit armada ukuran kecil karena terkendala lokasi yang sempit. Sementara untuk 2 unit lainnya digunakan untuk mensuplai air. Api dapat dipadamkan pukul 23.50 WIB dan tidak ada korban jiwa,” tambah Ahmad Gunawan saat dikonfirmasi, Sabtu (12/8/2023).

Sementara itu, tiga rumah warga yang terbakar yaitu milik Junaidi mengalami kerugian sekitar Rp 120 juta meliputi rumah yang terbuat dari kayu, 2 unit televisi, 3 unit kompresor, 1 sepeda motor, sound system, perhiasan, surat berharga dan peralatan rumah. Asset yang terselamatkan yaitu 3 sepeda motor, 2 ekor sapi dan surat tanah.

Kemudian rumah milik Sagi (70) mengalami kerugian sekitar Rp 20 juta serta rumah milik Mardi (68) mengalami kerugian sekitar Rp 20 juta.

Dalam penanganan ini juga melibatkan BPBD Bojonegoro, Polsek Malo, Koramil Malo, Satpol PP dan warga setempat. “Saya mengimbau warga selalu mengecek kabel listrik di rumah secara berkala serta memastikan tidak pernah meninggalkan kompor yang sedang digunakan untuk memasak. Jika terjadi kebakaran diharapkan segera melapor Call Center (0353) 113 agar dapat ditangani dengan cepat,” kata Ahmad Gunawan.( Bojonegorokab/ Red)

Baca Juga  TNI-Polri Awasi Dan Dampingi Pembagian BLT Kedung Pilang

Komentar