oleh

Yaqut Sampaikan Semangat Baru Kemenag Saat Rapat Perdana Dengan DPR

Jakarta, Rodainformasi.com – Menteri Agama  (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengikuti Rapat Kerja (Raker) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Senin (18/1/2021).

Dalam rapat perdananya usai dilantik sebagai Menteri oleh Presiden Jokowi pada 23 Desember 2020, Yaqut menyampaikan kebijakan terkait upaya mewujudkan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama (Kemenag).

Ia mengungkapkan, semangat baru ini diimplementasikan dalam tiga kata kunci. “Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan,” kata Menag.

Kedua, lanjut Menag, penguatan moderasi beragama, di mana penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan.

“Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan,” tutur Menag.

Dalam kesempatan tersebut, Menag juga menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Anggota Komisi VIII DPR Ali Taher.

Baca Juga  Ketua DPD RI Dorong Lantamal VII Jadi Kodamar di NTT

“Atas nama pribadi dan pemerintah, perkenankan kami menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya, atas wafatnya Bapak Dr. Ali Taher yang telah mendahului kita semua,” ucap Menag.

“Rasa duka cita juga kami sampaikan kepada korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ-182, juga korban banjir dan gempa yang terjadi di Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, dan Sumedang. Kita berharap semoga bencana, musibah ini segera berlalu, sehingga kita bisa menyelesaikan tugas-tugas kenegaraan dengan lebih tenang,” sambung Menag.

Raker Komisi VIII DPR RI bersama Kemenag yang dipimpin  oleh Wakil Ketua Komisi VIII TB Ace Hasan Sadzily ini digelar untuk melakukan evaluasi pelaksanaan APBN Tahun Anggaran  2020 serta pembahasan isu-isu aktual dan solusinya.

Turut hadir dalam raker, Wakil Menteri Agama  Zainut Tauhid Sa’adi, Sekjen Kemenag Nizar, dan pejabat eselon I Kemenag lainnya.

Wakil Ketua Komisi VIII TB Ace Hasan Sadzily sebelumnya menyampaikan ucapan selamat atas amanah yang diberikan kepada Menag Yaqut Cholil Qoumas. “Kami pimpinan dan seluruh anggota Komisi VIII mengucapkan selamat kepada Bapak, lebih tepat ya Gus Menteri Agama Republik Indonesia Bapak Kiai Haji Cholil Yaqut ya, yang telah diberikan amanat oleh Bapak Presiden RI untuk mengemban amanah sebagai Menteri Agama RI,” sebut Ace.

Baca Juga  "DEMO" Tindak Pidana Pelanggaran Hukum Tentang Persyaratan Pencalonan Calon Bupati Bojonegoro

“Kami harap Gus Menteri dapat mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya. (Ipb/red)

Komentar

Berita Rekomendasi