oleh

Mendagri Nilai Sosok Komjen Listyo Sigit Pas Sebagai Calon Tunggal Kapolri

Jakarta, Rodainformasi.com – Mendagri Muhammad Tito Karnavian menilai Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo sosok yang pas ditunjuk Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Kapolri.

Listyo, kata Tito, sosok yang cerdas dan tegas. Selain itu, Listyo pernah menjabat sebagai ajudan presiden.

Jabatan tersebut, tidak pernah diemban Tito ketika aktif di Korps Bhayangkara.

“Beliau mempunyai pengalaman yang saya belum punya yaitu pengalaman sebagai ajudan presiden,” kata Tito ditemui awak media di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (18/01).

“Otomatis beliau paham tentang ini, political landscape, tentang politik yang jauh lebih baik daripada saya, dan beliau juga memiliki pribadi yang baik.”

Tito, yang pernah menjadi orang nomor satu di kepolisian menyebut, Listyo adalah sosok yang berkinerja baik selama diberi amanah.

Misalnya ketika Tito mengamanahkan Listyo posisi Kapolda Banten dan Kadivpropam Polri.

“Selama saya menjadi Kapolri, ada dua jabatan strategis yang beliau sudah laksanakan, yang pertama adalah Kapolda Banten, yang kedua di Kadivpropam,” tambah Tito.

Baca Juga  Penyegaran Institut Kepolisian perwira Kembali Terjadi Di Jatim.

“Pada saat Kapolda Banten, cukup lama, ya, dua tahun, situasi Banten saya lihat tenang, cool, dan kinerjanya sangat baik selama di Polda Banten.”

“Kemudian yang kedua, saat (menjabat sebagai) Kadivpropam, juga beliau sangat membantu saya dan sangat mendukung terutama mendisiplinkan anggota, mengawasi kinerja anggota, dan itu juga dilakukan dengan sangat baik,” tutur dia.

Rekam jejak Listyo, dinilai Tito, sudah lengkap ketika menjabat Kabareskrim Polri selama setahun.

“Kabareskrim jabatan yang sangat strategis di Polri. Saya kira dengan segala pengalaman itu ditambah dengan pribadi beliau, saya sangat paham,” bebernya.

“Pribadinya santun, merangkul, termasuk kemampuan beliau merangkul semua pihak, senior, junior, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, tetapi juga saya tahu Pak Sigit sangat tegas, sikap beliau sangat tegas.”

Presiden Jokowi secara resmi mengirimkan Surat Presiden (Surpres) ke DPR yang berisi nama Kepala Bareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri, Rabu (13/1) kemarin.

Surpres itu diantar oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada Ketua DPR Puan Maharani.

Baca Juga  Sosok Komjen Listyo Sigit Yang Peduli Dengan Guru dan Sekolahnya

Komjen Listyo Sigit merupakan calon tunggal Kapolri pilihan Presiden Jokowi yang akan menggantikan Idham Azis yang pensiun Februari 2021 nanti. (Jpnn/red).

Komentar

Berita Rekomendasi