Akselerasi Transisi Energi, PLN Kembangkan Inovasi Lewat Ajang LIKE

Jakarta || Rodainformasi –  05 Oktober 2023 – PT PLN (Persero) kembali menggelar ajang _Learning, Innovation, Knowledge, and Exhibition_ (LIKE) 2023, dengan mengusung tema “Inovasi untuk meningkatkan _Value Creation_ berbasis _Environment, Social, and Governance_ menuju _Net Zero Emissions (NZE)”._

LIKE merupakan ajang tahunan untuk memicu insan PLN dalam melakukan inovasi. Acara ini berlangsung dari tanggal 2 hingga 5 Oktober dan merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Listrik Nasional ke-78.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan bahwa dalam menjalankan transisi energi, PLN terus melakukan inovasi dan pengembangan keilmuan. Sebab, lewat upaya tersebut, perusahaan akan semakin lincah dan efisien dalam menjalankan program transisi energi.

“PLN sebagai ujung tombak di transisi energi di tanah air, dan jantung ekonomi nasional selama 3,5 tahun terakhir telah bertransformasi dalam membangun kelistrikan lebih hijau berbasis EBT. PLN juga masih akan bertransformasi melalui berbagai inovasi tentunya untuk menambah _value creation_ dari berbagai bisnis PLN,” ucap Darmawan.

Visi PLN ke depan tidak hanya menghadirkan listrik yang andal bagi masyarakat tapi juga menyalurkan energi hijau yang ramah lingkungan untuk mendukung pencapaian NZE 2060.

Baca Juga  Panas Bumi, Andalan PLN Untuk Backbone Sistem Kelistrikan Masa Depan

“Tantangan yang dihadapi oleh PLN ke depan akan semakin banyak dan bervariasi mengikuti kondisi perekonomian dunia. Dibutuhkan ide–ide inovasi yang tidak hanya kreatif namun juga bisa diimplementasikan sehingga dapat mencapai tujuan PLN dalam transisi energi dan _financial sustainability,”_ tegas Darmawan.

General Manager PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan, Iswan Prahastono mengatakan, inovasi merupakan perwujudan dari _core value_ adaptif yang merupakan bagian dari budaya BUMN yaitu AKHLAK.

“Peranan inovasi sangat penting sebagai pilar organisasi yang menunjang visi dan misi perusahaan untuk mencapai rencana jangka pendek dan jangka panjang,” kata Sapto.

Iswan juga menekankan bahwa ke depannya bagaimana inovasi yang tercipta tidak hanya berkembang di lingkungan PLN secara internal, tetapi dikembangkan secara komersial.

“Tuntutan Inovasi ke depan adalah bagaimana inovasi yang dihasilkan bukan hanya digunakan oleh internal PLN tapi juga bisa dikomersialisasikan serta dapat digunakan oleh kalangan eksternal PLN,” katanya.

Selain itu, sebagai lomba seleksi inovasi yang telah dilakukan sejak tahun 1999 sampai dengan sekarang ini, telah terdapat 2.695 makalah yang terverifikasi dan memberikan nilai tambah untuk PLN.

Baca Juga  Ketua DPD RI Dorong BI Permudah Masyarakat Mengakses Perbankan

LIKE PLN merupakan salah satu bentuk langkah transformasi PLN dalam bidang inovasi dan melibatkan seluruh insan PLN dalam menjadikan PLN sebagai perusahaan global terkemuka. LIKE juga menjadi wadah tahunan bagi intrapreneur PLN guna mengasah pemikiran kreatif dan inovatif yang mampu memberikan nilai tambah pada perusahaan.

Khusus untuk tahun ini, sebanyak 42 unit PLN yang mengirimkan makalah, serta 24 unit yang masuk dalam komisi presentasi dan 13 unit masuk dalam seleksi nasional.

Salah satu inovasi yang hadir dari gelaran LIKE adalah SuperSUN, yang berhasil menjadi juara 2 dalam _event_ International SDG Innovation Leader Summit 2023 di New York, Amerika Serikat.

“Terima kasih sekali teman-teman SuperSUN yang telah berhasil membawa nama Indonesia menjadi juara kedua di kejuaraan dunia yang diselenggarakan di New York Amerika Serikat,” tutup Iswan. (M.dex)

Komentar