oleh

Lagi, Vaksinasi Massal di Polres Tuban di Serbu Warga

Tuban, Rodainformasi.com – Antusiasme masyarakat kabupaten Tuban dalam mengikuti vaksinasi masal di Polres Tuban sangat tinggi, terlihat saat ribuan masyarakat mendatangi Mapolres setempat yang berada di jalan Wahidin Sudirohusodo 873 Tuban, Sabtu (10/07).

Kegiatan tersebut merupakan vaksinasi massal kedua yang diselenggarakan oleh Polres Tuban setelah pada akhir bulan lalu tepatnya pada 26 juni yang di gelar di GOR Rangga Jaya Anoraga jalan Sunan Kalijaga Tuban.

Dalam pelaksanaan vaksinasi massal ini Polres Tuban menyiapkan 3 tenda untuk menghindari terjadinya kerumunan, 2 tenda berada di lapangan belakang yakni yang pertama adalah tenda untuk pendaftaran dan screening peserta vaksinasi sedangkan yang tenda kedua untuk entri data para peserta vaksinasi.

Sedangkan tenda yang ketiga berada di halaman depan, tenda tersebut disiapkan untuk proses penyuntikan vaksin.

Dalam vaksinasi kali ini Polres Tuban menerapkan akses pintu belakang untuk masuk para peserta vaksin, peserta yang datang diarahkan melalui pintu samping polres yang berbatasan dengan lapangan tenis milik pemerintah kabupaten Tuban.

Setelah masuk para peserta para peserta diwajibkan masuk bilik disinfektan terlebih dahulu sebelum diberikan nomor antrian serta formulir pendaftaran.

Usai pendaftaran dan screening peserta diarahkan menuju tenda kedua untuk dilaksanakan entri data, setelah itu peserta diarahkan ke tenda ketiga yang berada di halaman depan untuk dilakukan suntik vaksin.

Terlihat di sela-sela pelaksanaan vaksinasi, petugas selalu mengingatkan para peserta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan memakai masker dengan benar, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan hand sanitizer serta mengurangi komunikasi dengan peserta lain.

Baca Juga  Masa PPKM Level 4, Kapolres Bojonegoro Salurkan Paket Beras Kepada Pedagang Kembang dan UKM

Kieko Chintya Geraldine (24) warga desa sari ngembat kecamatan singgahan mengatakan ia datang jauh-jauh ke polres Tuban karena vaksin yang berada di puskesmas diprioritaskan untuk warga yang mendapat bantuan

“Di puskesmas sudah tidak kebagian, karena diprioritaskan bagi warga yang dapat bantuan dulu, jadi saya cari yang ada, akhirnya dapat di polres Tuban ini” ucapnya.

Ia menambahkan rela berangkat pagi demi mendapatkan vaksin.
“Tadi saya berangkat dari rumah jam 4 pak, sampai sini dapat nomor 873, rasanya biasa saja pak tadi seperti suntik biasa” imbuhnya.

Ia berharap bahwa pelaksanaan vaksinasi ini bisa terus dilakukan mengingat masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan vaksin.
“Semoga kedepannya diadakan lagi karena masih banyak yang belum mendapatkan vaksin, biar masyarakat mendapatkan vaksin semuanya” harapnya.

Melihat antusiasme masyarakat dalam mengikuti vaksinasi, Kapolres Tuban AKBP Darman, S.I.K., melalui Kabag Operasi Kompol Budi Santoso, S.H., M.H., mengatakan pihaknya tidak memberikan batas dan akan berusaha untuk mencukupi kebutuhan vaksin.

“Pelaksanaan vaksinasi Hari ini kita sediakan 1.500 dosis vaksin, jadi untuk Polres Tuban tidak terbatas, jika nanti vaksinnya habis Kita akan minta kepada Kabiddokkes dan Insyaallah tercukupi, Saya minta kepada masyarakat yang mengikuti vaksin untuk tertib, tadi kita lihat semua yang masuk Polres sudah sesuai dengan protokol kesehatan” Ucap Kabag Operasi.

Baca Juga  Simbol Ikhtiar Lawan Covid-19, PKL Hingga Ojek Online di Bojonegoro Kibarkan Bendera Merah Putih

“Vaksinasi kita laksanakan setiap hari kecuali hari minggu, karena hari ini tidak ada pelayanan khusus jadi jumlahnya lebih banyak, kalau hari biasa kita sediakan 300 dosis” Imbuhnya.

Ditanya terkait Antisipasi kerumunan orang nomor tiga di polres Tuban itu menjelaskan untuk menghindari adanya kerumunan pihaknya telah membagi tugas masing-masing personel dan menyediakan tiga tenda dalam pelaksanaan vaksinasi.

“Kita sudah bagi tugas, kita sudah atur ketika masyarakat masuk kedalam polres, kita bagi titik-titik dan kita sediakan tiga tenda untuk antisipasi kerumunan, yang pertama ada tenda pendaftaran dan screening yang kedua tenda untuk entri data dan yang ketiga tenda untuk vaksinasi yang ketiganya ditempat berbeda” Terang orang nomor tiga di polres Tuban itu.

Dalam akhir penjelasannya ia menghimbau kepada seluruh masyarakat kabupaten Tuban untuk mematuhi aturan PPKM darurat agar pandemi covid-19 segera berakhir.

“Saya himbau kepada seluruh masyarakat Tuban dalam pelaksanaan PPKM Darurat Covid-19 ini tolong dipatuhi karena sudah banyak yang jadi korban, tetap stay dirumah kalau tidak ada kepentingan yang mendesak, tugas kita ada dua, yang pertama meminimalisir mobilitas kegiatan dan meniadakan kerumunan” Pungkasnya.
( Hum / DM).

Komentar

Berita Rekomendasi