Lapas Lamongan Gelar pertemuan  Dengan  Subdenpom V / 2-3 Lamongan, Guna Persiapan  Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024

Lamongan,,rodainformasi.com – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lamongan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur tak pernah berhenti untuk bersinergi dengan semua instansi baik pemerintah maupun swasta. Tepat sore ini [04/12/2023] Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Lamongan, Mahrus didampingi Kepala Satuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kelas IIB Lamongan Andi Eko Sutrisno menggelar pertemuan dengan Komandan Subdenpom V/2-3 Lamongan Kapten CPM Puguh A.S. Guna persiapan pengamanan menjelang perayaan natal dan tahun baru 2024.

Mahrus mengungkapkan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru merupakan momen rawan terhadap kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban. Hal itu juga menjadi atensi dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan dan Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur.

“Untuk itu perlu peningkatan pengawasan dan kewaspadaan, sehingga mampu mencegah gangguan kamtib, dan kami juga mempersiapkan langkah-langkah strategis dan preventif jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024,” ujarnya.

Ditemui seusai pertemuan yang digelar sore  ini, KPLP Lapas Lamongan Andi Eko Sutrisno menjelaskan tujuan diadakan pertemuan ini adalah sebagai langkah awal sinergitas dan kolaborasi antar birokrasi pemerintah.

Baca Juga  Jelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 Polres Tuban Gelar Rakor Dengan Instansi Terkait

” Tentu bentuk pemerintahan kolaboratif. Jika dalam konsep penta Helix Governance, kami menyentuh dimensi keempat, yakni kolaborasi antar government. Tujuannya ringkas, saling mensupport kebutuhan birokrasi, dalam hal ini pengamanan sekunder,” Ucap (Andi E S, KPLP Lamongan)

Senada dengan KPLP Lapas Lamongan Komandan Subdenpom Lamongan pun mengapresiasi adanya pertemuan ini menurutnya ini adalah langkah yang baik bagi Lapas Lamongan guna menciptakan situasi Lapas yang Kondusif dan tetap aman dari gangguan Kamtib.

” Terimakasih pak Andi yang telah menyambut kami dengan kompak beserta jajarannya, kunjungan ini dalam rangka meningkatkan koordinasi, sinergi dan kebersamaan antara Lapas Lamongan dengan Subdenpom V/2-3 Lamongan mengenai antisipasi deteksi dini gangguan ketertiban dan keamanan,” tutur Kapten CPM Puguh.

Setelah dilaksanakan rapat non formal dengan membicarakan strategi yang beririsan. KPLP Lapas Lamongan mengajak Komandan Subdenpom Lamongan beserta jajarannya untuk berkeliling melihat situasi dan kondisi blok hunian sekaligus menyapa warga hunian secara humanis dan memantau kondisi blok hunian.

Andi menjelaskan bahwa saat ini jumlah isi hunian per hari ini adalah 696 orang dimana kapasitasnya hanya menampung 215 orang. ” Dengan jumlah segitu, tidak sebanding dengan jumlah penjaga tahanan kami, untuk itu perlu adanya dukungan penuh dari Subdenpom dalam sebagai supporting pengamanan guna menjaga ketertiban dan keamanan di Lapas,” ucap Andi.

Baca Juga  Lapas Lamongan Ikuti Kegiatan Analisa Dokumen Data Dukung Satuan Kerja Usulan WBBM Tahun 2024

Kedepannya Andi berharap sinergi yang baik terjalin, dan Subdenpom V/2-3 Lamongan akan rutin untuk sambang Lapas Lamongan guna membantu pengamanan secara sekunder/lapis. (Red.Humas Lapas Lamongan/SW)

Komentar