oleh

Pasar Wisata Modern Di Bojonegoro Resmi Dibuka Oleh Bupati ‘Anna’

Bojonegoro, Rodainformasi.com, – Ahkirnya Pasar Wisata yang terletak di Jalan Kopral Kasan turut Kelurahan Karang Pacar, Bojonegoro yang bersebelahan dengan bekas pasar hewan Banjarejo diresmikan oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah. Dalam peresmian juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda. pada Jumat, (7/1/22).

Sebelum acara pengguntingan pita, Bupati Bojonegoro menyampaikan didalam sambutanya. Ia menjelaskan bahwa Pasar Wisata merupakan salah satu dari program yang tertuang di RPJMD, yaitu pasar tradisional modern. Konsep dari modernisasi nya mulai dari sarana prasarana, manajemen pasar dan tata kelolanya.

Menurutnya, ia menemukan inspirasi tersebut didapat ketika ia mengunjungi suatu pasar yang dilantai bawahnya berisi pedagang semua jenis ikan dan di lantai atas adalah tempat kuliner yang dimana bahannya bisa diambil langsung dari pedagang yang ada dilantai bawah. “Dengan demikian penjual dan pembeli kan bisa nyaman dan senang”, ungkapnya.

Harapan Bupati, dengan adanya pasar dibangun dengan modern yang berisikan pasar tradisional tersebut, serasa layaknya supermarket dengan harga tradisional yang dapat menyaingi supermarket di Bojonegoro. Bupati juga meminta kepada Sekretaris Daerah Nurul Azizah agar para PNS maupun tenaga kerja di lingkup Pemkab Bojonegoro untuk membeli di Pasar Wisata. “Jadi minimal harus didaerahkan, dan dari kita harus mendukung sepenuhnya,” tegasnya.

Baca Juga  Di Temukan Kembali Beras BPNT Tidak Layak di konsumsi di Desa Duri Kulon Kec. Laren - Lamongan.

Selain itu, disesi yang sama Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Bojonegoro Adi Wicaksono mengatakan bahwa, Pasar Wisata yang dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektar, memakan waktu sekitar 8 bulan sejak April hingga Desember. Dibangunan pasar wisata juga terdapat 206 kios dan 1.510 bidak/los.

Disebutkan juga, bahwa konsep dari Pasar Wisata ialah pasar yang bersih dan tertata. Dalam arti yang berada di lantai bawah merupakan pasar basah dan lantai atas adalah pasar kering. Dalam Pasar Wisata tersebut, juga memiliki fasilitas pendingin agar pengguna pasar lebih nyaman dan air kran untuk kebutuhan penjual. Juga dilengkapi tempat loading dock, musholla, penampungan air bersih, tempat pembuangan sampah, hippam dan hydrant untuk antisipasi kebakaran.”Untuk itu kita bersinergi dengan Disdag Bojonegoro kedepan nya bekas pasar hewan akan menjadi lahan parkir Pasar Wisata,” ucap Adi Wicaksono.

Diakhir acara, Bupati bersama seluruh jajaran keliling Pasar Wisata untuk memantau keadaan pasar. Sesudahnya, acara peresmian sendiri ditandai dengan pengguntingan pita serta penandatanganan prasasti sebagai tanda Pasar Wisata telah diresmikan. [rAs]

Baca Juga  Polri Dan KSPSI Bagikan 8.000 Paket Sembako Kepada Buruh Di Delapan Provinsi

Komentar

Berita Rekomendasi