Penuhi hak kesehatan wbp, Lapas Pamekasan lakukan tes kesehatan dan skrining TBC&HIV bagi WBP baru

Pamekasan, Rodainformasi – Lapas Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim lakukan kegiatan BA Pemeriksaan dan skrining TBC&HIV kepada WBP baru, kamis (8/6).

Bertempat di Klinik Lapas Pamekasan, kegiatan pada pukul 08.30 WIB. Warga Binaan yang dilakukan pemeriksaan kesehatan, skrining TBC & HIV merupakan WBP pindahan dari Lapas Sidoarjo, Lapas Pasuruan dan Lapas Bojonegoro dengan jumlah 23 WBP yang melaksanakan kegiatan tersebut.

Sebelum dilaksakan kegiatan pemeriksaan dan kesehatan, Abdul Kholik selaku petugas kesehatan Lapas Pamekasan memberikan sosialisasi tujuan dilakukannya pemeriksaan kesehatan tersebut. Kepada WBP yang sakit atau mempunyai riwayat penyakit agar disampaikan kepada petugas kesehatan untuk mengetahui dan mengambil tindakan medis jika diperlukan.

Selanjutnya WBP dipanggil satu persatu untuk pengukuran tinggi dan berat badan. Dilanjutkan dengan skrining TBC dan juga HIV. Dari skrining yang dilakukan kepada 23 Warga Binaan tersebut menunjukan hasil negatif.

Tujuan dilaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut untuk memenuhi salah satu hak warga binaan yaitu hak untuk mendapatkan perawatan dan juga layanan kesehatan. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap ada Warga Binaan baru pindahan dari Lapas/ Rutan lain. (Soem)

Baca Juga  Ketum AMI ; Mengapresiasi KPK Yang Akan Memeriksa 4 Pimpinan DPRD Jatim, Hari Ini 

Komentar