oleh

Tidak ada papan informasi proyek, TPT di Desa Datinawong tidak ada keterbukaan publik

Lamongan, Rodainformasi.cm – Adanya proyek TPT yg ada di Desa Datinawong Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan  menjadi tanda tanya , karena proyek tersebut tidak ada informasi keterbukaan publik.

Berdasarkan hasil temuan dari awak media, proyek tersebut tidak ada papan nama proyek ataupun informasi yang jelas dari mana anggaran proyek tersebut, dan proyek tersebut di duga sudah melanggar UU No.14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Sesuai  amanah  UU KIP  dan Perpres No. 54 tahun 2010 dan  No. 70  tahun 2012 , dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik  yang dibiayai oleh Negara  wajib memasang papan nama proyek.

Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi  asas  transparansi sehingga  seluruh lapisan masyarakat  dapat ikut serta dalam pengawasan.

Menurut Khabib ketua BPD Desa Datinawong saat di konfirmasi secara langsung menyatakan, ” saya sendiri tidak tau proyek TPT itu dari mana, tp saya berani memastikan bahwa proyek tersebut bukan dari Dana Desa (DD) maupun ADD desa Datinawong”. Ujar Khabib

Baca Juga  Polda Jatim Semprot Cairan Disinfektan di Sejumlah Jalan Protokol di Surabaya

Selanjutnya, khabib mengatakan ” saya sendiri kaget kok ada proyek tersebut, dan saya akan mengajak kepala desa untuk kordinasi terkait proyek tersebut. Insya Allah saya mau memfasilitasi untuk ketemu dengan kepala desa pada hari Selasa 23/05/22 dan sampean selaku media akan saya undang jika kepala desa mau diajak kordinasi”. Ucap Khabib

Acara yang difasilitasi oleh ketua BPD tersebut batal diacarakan. Khabib menginformasikan melalui telepon mengatakan ” Mohon maaf mas tadi pagi sudah saya kordinasikan dengan kepala desa untuk ketemu dengan perwakilan teman-teman media akan tetapi pak kades lagi ada acara keluarga, jadi mohon maaf atas urungnya acara tersebut”. Pungkas Khabib melalui teleponnya

Sementara itu Kepala Desa Datinawong, Mudzakir belum bisa dikonfirmasi, baik secara WhatsApp maupun ditemui secara langsung belum bisa sampai berita ini dirilis.
(HM&TJ)

Komentar

Berita Rekomendasi