WARAS : PROGRAM STRATEGIS NASIONAL MEMILIKI DAYA UNGKIT BESAR PADA PEMULIHAN EKONOMI

Jabar, Rodainformasi.com -Anggota DPRD Jawa Barat, Waras Wasisto menilai Program Strategis Nasional (PSN) memiliki daya ungkit besar terhadap pemulihan ekonomi pasca pandemi. Sehingga, politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini meminta kepada seluruh elemen untuk memastikan PSN berjalan baik.

“PSN memiliki daya ungkit yang besar terhadap pemulihan ekonomi. Agenda-agenda strategis yang sangat penting bagi bangsa dan negara serta menjadi prioritas untuk kepentingan nasional tidak boleh berhenti dan tetap harus dilanjutkan. Sehingga, kita semua harus memastikan PSN berjalan baik, seperti Ibukota Negara Baru (IKN),” tutur Waras Wasisto.

Kata Waras, PSN akan dapat menciptakan nilai tambah bagi pembangunan di daerah, karena dilaksanakan di seluruh wilayah Nusantara, seperti di di Sumatera, di Jawa, di Kalimantan, di Bali, di Nusa Tenggara, di Sulawesi, di Maluku dan di Papua.

“Sehingga Presiden Jokowi pun meminta jajaran pemerintahan harus fokus agar program-program prioritas bisa berjalan dengan baik. Ini yang harus ditekankan pemerintahan, hingga pemerintahan kabupaten/kota,” kata Waras.

Baca Juga  Ketua DPD RI LaNyalla Hadiri Harlah Ponpes Wali Songo, Bedah Spirit Hubbul Wathon

Wakil rakyat dari Dapil Jawa Barat VIII (Kota Depok-Kota Bekasi) ini memberikan contoh, misalnya di bidang kesehatan, memiliki agenda besar yaitu menurunkan stunting, pemberantasan TBC, malaria, demam berdarah, HIV-AIDS, dan juga berkaitan dengan gerakan hidup sehat yang harus terus dikerjakan.

“Saat pandemi kita fokus menangani dan mengendalikan Covid, tapi agenda-agenda strategis yang berdampak besar bagi kehidupan rakyat juga tidak boleh dilupakan,” terang Waras Wasisto.

Bahkan, Waras melanjutkan, terkait dengan PSN yang sedang berjalan, Presiden minta diprioritaskan percepatan pelaksanaan PSN yang berdampak langsung bagi penguatan ekonomi rakyat, yang berdampak langsung pada pemulihan ekonomi nasional.

“Karena beberapa PSN yang sangat penting bagi pemerataan dan penguatan ekonomi rakyat,” katanya.

Misalnya, dewan berkulit hitam manis ini menerangkan, seperti memastikan PSN berjalan dengan baik, antara lain program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Jawa Barat.

Sehingga, Waras terus mendorong pelaksanaan PTSL agar dapat berjalan dengan baik dan lancar antara segi anggaran, pengawasan serta penyelenggaraan dan mendorong keringanan biaya BPHTB pada Pemerintah Daerah.

Baca Juga  Sobo Kampung Bhabin Beri Himbauan Kamtibmas Warga Binaan.

“Keberhasilan PTSL bukan hanya karena kinerja Kementerian ATR/ BPN namun juga dari pemerintah daerah dan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Waras pun menjelaskan, manfaat PTSL bagi masyarakat, di antaranya kepastian dan perlindungan hukum, meminimalkan/ mencegah Sengketa, Konflik dan Perkara Pertanahan, menjadi sarana peningkatan produktifitas ekonomi masyarakat.

“Saya pun mengajak masyarakat untuk mendukung percepatan program PTSL) yang saat ini tengah digencarkan pemerintah pusat melalui Kementerian ATR/BPN,” demikian Waras menandaskan. (Bdx)

Komentar